11 Hari Cuti Bersama di Bulan Desember 2020

InterContinental Bali Resort(InterContinental Bali Resort)

Bali, ihgma.com – Libur panjang pada bulan Desember menyambut Natal dan Tahun Baru akan membawa berkah untuk para pelaku wisata di seluruh Indonesia disaat pandemic Covid-19 sekarang ini.

Dari pengalaman libur panjang di akhir Bulan Oktober yang lalu Angka kunjungan wisatawan naik signifikan dibanding hari-hari libur sebelumnya,” kata Grace Jeanie
Managing Director PT JP Bali, Ketua DPD IVENDO Bali dan sekaligus menjabat juga sebagai Sekjen Bali MICE Forum

Berdasarkan Keppres No 17 Tahun 2020, libur dan cuti bersama masih ada di bulan Desember tahun ini Grace menambahkan.

Bahkan tercatat terdapat 11 hari libur dan cuti Bersama yang akan jatuh di bulan Desember ini, banyaknya jumlah hari libur  tersebut merupakan imbas dari pergeseran cuti bersama Idul Fitri 1441H yang digeser ke akhir tahun.

Sebelum cuti bersama Idul Fitri 1441 Hijriah, ASN akan mendapat jatah libur nasional Hari Raya Natal tanggal 24-25 Desember yang jatuh pada Kamis dan Jumat, kemudian dilanjutkan libur akhir pekan Sabtu-Minggu jatuh tanggal 26-27 Desember dan cuti bersama Senin-Kamis tanggal 28-31 Desember sebagai pengganti cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Libur belum berhenti sampai disana karena libur Panjang akan berlanjut hingga awal tahun baru yang jatuh pada hari Jumat, 1 Januari 2021 ditambah libur akhir pekan, Sabtu-Minggu pada 2-3 Januari 2021.

“Wow panjang ya liburnya dari tgl 24 Desember 2020 sd 3 Januari 2021”, pungkas Grace karena libur ini belum lagi ditambah dengan cuti tahunan kantor yang mungkin belum di ambil karena pandemi.

Untuk mengantisipasi libur paanjang yang akan  mengakibatkan membludaknya wisatawan domestic yang akan mengunjungi ke semua destinasi wisata, hotel dan transporatsi umum yang tersebar di seluruh Indonesia.

Info penting kepada  masyarakat Indonesia yang perlu diperhatikansaat akan berlibur panjang bersama keluarga, teman dan handai tolan.

Sudahkah Anda mempersiapkan diri?

Berikut tips mempersiapkan libur panjang bersama keluarga dan kawan-kawan.
1. Mulai gerilya mencari tujuan berlibur dan mencari akomodasi yang tepat
2. Jika masih khawatir menggunakan jalur penerbangan pilih alternatif darat yang juga menarik. Tapi pastikan kendaraan kondisi baik, jangan lupa cek semua ya
3. Baca petunjuk berlibur yang aman selama pandemi. Ikuti prokesnya dengan ketat agar sehat saat berangkat dan pulang juga sehat.
4. Jaga imunitas diri jauh hari sebelum berlibur kalau perlu mulai sekarang.
5. Pastikan hygiene kit selalu ada dalam daftar yang harus ada di kendaraan
6. Buat simulasi bepergian misalkan berangkat kmd mampir di mana dan makan di mana dan seterusnya.
7. Mulai cek laboratorium yang budgetnya sesuai untuk melakukan test sebelum keberangkatan. Disarankan pakai test swab agar lebih akurat hasilnya.
8. Bagi yang memiliki penyakit bawaan bisa konsultasi dulu dengan dokter anda.
9. Bagi yang bawa anak-anak juga jangan lupa dipikirkan persiapannya agar anak-anak tidak bosan di perjalanan apalagi jika jalur darat
10. Lainnya beberapa tips dari sejumlah sumber yang perlu juga menjadi pertimbangan. (ph)

 

Leave a Reply