5 Kota dengan Pesanan Hotel Tertinggi di Indonesia

IHGMA.com – Hotel jadi salah satu hal yang selalu dicari wisatawan saat berlibur. Bayang-bayang kasur empuk, dinginnya hembusan AC, hingga fasilitas menarik lainnya selalu dirindukan pelancong yang letih setelah seharian berpelesiran.
Di Indonesia sendiri, ada puluhan ribu hotel berdiri di seluruh negeri. Mulai dari kelas melati hingga bintang lima bisa ditemukan dengan mudah.
Rupanya, ada beberapa kota yang memiliki pemesanan hotel paling tinggi di Indonesia. Sebut saja Jakarta, Surabaya, hingga Bali.
Tapi sang tuan rumah Asian Games ini menjadi juara untuk pemesanan hotel tertinggi di Indonesia. Wisatawan yang datang dan menginap juga dilatar belakangi oleh berbagai hal, misalnya untuk berbisnis atau berwisata.
Lantas, kota mana saja yang masuk lima besar dengan tingkat pemesan hotel tertinggi di Indonesia? Berikut ulasannya dikutip dari kumparan.com :
 
1. Jakarta

Hotel Sultan Jakarta

Hotel Sultan Jakarta. (Foto: sultanjakarta.com)

Faktanya bukan Bali yang memiliki bookingan hotel tertinggi di Indonesia, melainkan Jakarta. Menurut Cisyelya Bunyamin, Head of Hotel Tiket.com, wisatawan paling banyak memesan hotel di kawasan Sudirman, Thamrin, dan Senayan.
Beberapa di antaranya seperti Hotel Mulia, Grand Hyatt, Pullman, Sari Pasific, dan berbagai hotel lainnya tersebar di daerah ini. Untuk harganya sendiri pun bermacam-macam, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga Rp 6 juta.
 
2. Bali

Hard Rock Hotel Bali.

Hard Rock Hotel Bali. (Foto: Instagram @hardrockbali)

Diberkahi alam yang cantik membuat Bali digandrungi banyak orang. Hal ini juga yang membuat Pulau Dewata menduduki peringkat kedua sebagai kota dengan pemesanan hotel terbanyak di Indonesia.
Rata-rata wisatawan yang datang ke Bali mayoritas menginap Kuta dan Seminyak. Selain itu, wisatawan dalam maupun luar negeri juga banyak yang memesan penginapan di daerah Legian.
 
3. Surabaya

Oriza Hotel di Perak, Surabaya

Oriza Hotel di Perak, Surabaya (Foto: Instagram @orizahotels)

Posisi ketiga ada Surabaya yang masuk dalam lima kota dengan pemesanan hotel paling banyak. Mayoritas wisatawan yang datang ke Surabaya menginap di kawasan Tunjungan Plaza.
4. Bandung

Padma Hotel Bandung

Padma Hotel Bandung (Foto: Dok: Padma Hotels)

Berada tak jauh dari Jakarta, rupanya Bandung juga masuk dalam salah satu kota yang paling banyak di-booking penginapannya. Udaranya yang sejuk, kuliner yang lezat, hingga masyarakat yang ramah membuat wisatawan betah bermalam di Kota Kembang.
Mencari penginapan di Bandung juga bukanlah hal yang sulit. Berbagai tipe hotel dan kamar, dengan fasilitas yang beragam bisa disesuaikan kebutuhan dan kantong.
 
5. Yogyakarta

 The Packer Lodge, Yogyakarta

The Packer Lodge, Yogyakarta (Foto: Instagram/@tplyogyakarta)

Kota Gudeg masuk salah satu lokasi dengan tiket penjualan hotel terbanyak di Indonesia. Hotel-hotel yang berada di kawasan Malioboro, Prawirotaman, dan Sagan paling banyak diminati wisatawan.
Tak hanya wisatawan lokal saja yang berhasil dibuat kagum dengan Yogyakarta, banyak juga turis asing yang berkunjung ke sini. Bila tak percaya, coba saja tengok kawasan Malioboro, di sana berseliweran turis dari berbagai negara yang penasaran dengan keindahan Yogyakarta.
Selain itu, rupanya wisatawan Indonesia lebih tertarik menginap di hotel yang dilengkapi WiFi. Baru kemudian, tamu akan memilih tempat yang bersih dan Instagramable, serta terakhir lokasinya yang dekat dengan mall.
“Sekarang yang penting ada WiFi gratis, (terus) clean look yang Instagramable tapi affordable. Lokasi juga jadi pertimbangan, lokasi yang dekat dengan mall akan lebih cepat dicari customer,” papar Cisyelya, saat ditemui kumparanTRAVEL di Potato Head Pacific Place, Jakarta, Kamis (30/8).
Sementara untuk harga, umumnya wisatawan Indonesia mencari hotel bintang 3 atau bintang 4. Dengan rata-rata harga per kamar dipatok mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribu.

Leave a Reply