5 Tips Pilih Hotel untuk Staycation, Cari Sesuai Budget

Staycation gratis selama 18 tahun(SHUTTERSTOCK)

JAKARTA, ihgma.com – Menginap di hotel merupakan salah satu cara untuk menikmati staycation selama maupun setelah pandemi.

Seperti dilansir Kompas.com Rabu 29/7/2020, Staycation adalah kegiatan berlibur di dekat rumah. Banyak orang memilih untuk tetap tinggal di rumah selama staycation.

Namun ada juga orang-orang yang memilih untuk menginap di hotel selama staycation untuk sekadar keluar dari rumah. Hotel yang dipilih biasanya masih berada dalam area tempat tinggal.

Kendati demikian, agar pengalaman staycation semakin menarik, ada baiknya mengetahui beberapa tips untuk memilih hotel yang tepat.

Lantas, apa saja cara untuk memilih hotel yang tepat untuk staycation? Berikut lima cara yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/7/2020).

1. Cari hotel yang sesuai dana

Beberapa hotel sudah menawarkan berbagai macam paket staycation. Harga dan layanan yang bisa dimanfaatkan tamu tentunya beragam.

Jika memiliki uang berlebih, kamu bisa coba membeli paket staycation yang menawarkan layanan lengkap.

Ada kemungkinan dengan harga yang ditawarkan, kamu hanya perlu membawa pakaian saja tanpa perlengkapan kamar mandi.

Sementara jika kamu memiliki uang yang cukup, kamu bisa menginap di budget hotel. Meski begitu, ada kemungkinan kamu tetap bisa menikmati fasilitas yang ada walaupun dibatasi.

2. Sesuaikan dengan tipe wisatawan

Jika ingin melepas penat dari kebisingan kota, tentunya lokasi hotel menjadi salah satu yang paling dipertimbangkan.

Jika kamu ingin berlibur dengan keluarga, kamu akan mencari hotel yang memiliki beberapa fasilitas menarik seperti kolam renang untuk anak-anak, atau tempat bermain anak-anak.

Ilustrasi staycation.(SHUTTERSTOCK)

3. Pilihan hotel ditentukan dari tujuan wisatawan

Beberapa hotel menawarkan berbagai macam fasilitas dan program yang menarik. Jika lebih tertarik untuk bersantai dan menikmati sarapan di kamar, kamu bisa pilih hotel standar namun pelayanannya bagus.

Apabila ingin menikmati fasilitas hotel yang memberikan rasa nyaman, kamu bisa menginap di hotel-hotel yang menawarkan fasilitas seperti spa, layanan pijat, pusat kebugaran, atau kolam renang.

Kamu juga bisa cari hotel yang terletak dekat dengan pusat hiburan. Hal ini dilakukan agar kamu tidak perlu tetap berada di hotel, dan bisa menjelajahi berbagai jenis hiburan yang ditawarkan lingkungan setempat.

4. Riset seputar hotel

Usai mendapatkan hotel dengan lokasi yang strategis, serta menawarkan beberapa fasilitas atau layanan yang sesuai dengan tujuanmu untuk staycation, kamu bisa melakukan riset lebih lanjut.

Adapun riset yang dimaksud adalah dengan melihat berbagai ulasan terkait hotel tesebut. Ulasan-ulasan bisa kamu lihat melalui situs resmi, media sosial, atau profil hotel di online travel agent (OTA).

Jika hotel pilihanmu memiliki banyak ulasan bagus dan nilai yang bagus, maka sudah bisa dipastikan bahwa hotel tersebut memang memiliki fasilitas dan layanan yang baik.

5. Manfaatkan promo

Salah satu tujuan dari staycation adalah untuk berlibur dengan mengeluarkan biaya yang sedikit. Jika ingin menginap di hotel, pastikan kamu manfaatkan promo yang ditawarkan.

Selama dan usai pandemi Covid-19, staycation diprediksi akan digandrungi wisatawan. Ada kemungkinan akan ada lebih banyak hotel yang menawarkan promo menarik guna menarik minat wisatawan untuk kembali menginap di sana.

Agar tidak ketinggalan promo, kamu bisa terus periksa situs resmi, media sosial, atau profil hotel di OTA pilihan.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat menginap tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

 

Leave a Reply