70 Persen GM Hotel Terdampak Pandemi, Siap Wirausaha jika Di-PHK

Foto: Assesment calon Dosen Vokasi IHGMA di Makasar 4-5 nov 2017. (doc: redaksi ihgma.com)

ihgma.com – Enam bulan lebih pandemi Covid-19 melanda Indonesia ternyata begitu berdampak bagi sektor perhotelan, termasuk para general manager hotel se-Indonesia.

General Manager Fairfield by Marriott sekaligus Assistent Professor STP Trisakti, Dino Leonandri mengatakan, hampir 70 persen GM hotel terdampak pandemi Covid-19.

Dilansir Kompas Jumat (25/9), Presentase tersebut berdasarkan hasil survei kualitatif yang dilaksanakan oleh Enhaier Corporation & Neuronesia Learning Center, STP Trisakti dan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA).

“Dari 250 sampel (GM hotel) menyatakan hampir 70 persen terdampak. Dampaknya adalah mulai dari pengurangan pegawai, unpaid leave,” kata Dino kepada Kompas.com dalam webinar bertajuk “Be a Leader Hotel, Is Still Sexy?”, Kamis (24/9/2020).

“Jadi kita bergantian masuknya, konsekuensinya tentunya remunerasi juga akan dibagi. Kalau masuknya setengah hari jadi gajinya 50 persen seperti itu,” lanjutnya.

Kendati demikian, ia mengakui bahwa hasil survei tersebut belum terlalu dalam karena kurangnya sampling GM.

“Saat ini memang belum terlalu dalam, mungkin juga karena sampling-nya tidak terlalu banyak, sehingga tidak bisa menggambarkan secara utuh,” ungkapnya.

Leave a Reply