Albert Roux, Bapak Industri Restoran Berbintang di Inggris Meninggal Dunia

Albert Roux, Michelin Chef asal Inggris. Foto: REUTERS

ihgma.com – Berita duka datang menerpa industri kuliner Inggris di awal 2021. Gordon Ramsay memberikan ucapan duka dan penghormatan terakhirnya kepada Albert Roux dalam sebuah unggahan foto di Instagram, seperti dikutip dari Insider. Albert Roux merupakan pemilik restoran legendaris berbintang Michelin pertama di Inggris.

Melansir Kumparan Minggu (10/1), “Sedih sekali mendengar meninggalnya legenda ini, laki-laki yang membawa gastronomi di Inggris,” tulis Ramsay dalam caption unggahannya. “Kami telah berbagi kantor yang sama selama beberapa dekade terakhir dan menaiki tangga itu, hari ini akan terasa sangat sulit. Terima kasih Albert untuk semua yang Anda berikan kepada saya, God Bless you Chef.”

Roux meninggal pada usia 85 tahun. Menurut pernyataan keluarganya yang diperoleh The Evening Standard, mengatakan koki legendaris itu tidak sehat untuk sementara waktu.

Dalam pernyataan yang sama, Michel Roux Jr juga memuji ayahnya dengan mengungkapkan “mentor bagi begitu banyak orang di industri perhotelan dan inspirasi nyata bagi para koki pemula, termasuk saya.”

Ramsay merupakan salah satu dari belasan chef terkenal di Inggris yang memulai karirnya di restoran Roux, Le Gavroche. Roux pindah ke Inggris dari negara asalnya Prancis ketika dia berusia 18 tahun, melepaskan mimpinya untuk menjadi seorang pendeta dan mengasah kemampuan memasak di dapur para politisi, atlet, dan Kedutaan Besar Prancis.

Pada tahun 1967, Roux dan saudaranya Michel —yang juga bekerja sebagai koki pribadi— akhirnya memutuskan untuk membuka Le Gavroche di London. Tujuh tahun kemudian, Le Gavroche menjadi restoran pertama di Inggris yang memenangkan bintang Michelin. Dan, pada tahun 1982, restorannya menjadi tempat makan pertama di negara itu yang sudah memenangkan tiga bintang Michelin.

Kedua bersaudara itu juga membuka The Waterside Inn di Berkshire, Inggris, yang menerima tiga bintang Michelin pada tahun 1985. Dengan sepak terjang dan kemampuannya dalam dunia kuliner, Michelin Guide juga memberikan penghormatan khusus kepada Roux dengan tweet yang memanggilnya “bapak industri restoran Inggris.”

Selain Ramsay, masih banyak koki top Inggris yang berlatih di restoran Roux —seperti Marco Pierre White, Marcus Wareing, dan Monica Galetti. Menurut The Guardian, lebih dari setengah restoran berbintang Michelin di Inggris pada tahun 2013 dijalankan oleh koki yang pernah dilatih oleh Roux.

Menjadi mentor untuk para koki merupakan misi penting bagi Roux dan Michel, yang meninggal tahun lalu pada usia 78. Pada tahun 1984, kedua bersaudara itu meluncurkan dana beasiswa untuk membantu mengembangkan bakat kuliner di Inggris. Tidak hanya itu, mereka juga membawa masakan ke dunia televisi dengan serial mereka “At Home with the Roux Brothers” pada tahun 1980-an.

Berita meninggalnya Roux membuat banyak penghormatan bertebaran di media sosial dari koki terkenal. Bagaimana tidak? Roux merupakan salah satu dari tokoh kuliner penting dunia, dan pengaruhnya pada bisnis restoran Inggris lebih dari yang mereka kira.

 

Leave a Reply