Bagaimana Menginap di Hotel Saat New Normal?

Jakarta, ihgma.com – Beberapa hotel di Jakarta sudah mulai beroperasi kembali dan siap menerima tamu selama era new normal.

Selama beroperasi kembali, setiap hotel menerapkan protokol kesehatan yang tertera dalam acuan khusus sektor pariwisata Indonesia.

Seperti dilansir kompas.com Selasa 21/7/2020, Protokol kesehatan disahkan melalui KMK Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Lewat undangan Tiket.com, Kompas.com berkesempatan menginap di salah satu hotel di Jakarta untuk melihat seperti apa penerapan protokol kesehatannya, Jumat (17/7/2020).

Saat memasuki area hotel, para tamu akan diperiksa suhu tubuhnya di pintu gerbang oleh satpam yang menggunakan masker dan sarung tangan.

Jika suhu melebihi 37,8 derajat celcius, tamu tidak diperkenankan untuk memasuki area hotel meskipun tamu adalah pemilik hotel.

Sesampainya di pintu masuk menuju lobi, para tamu diimbau oleh satpam untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melewati mesin sensor dan menuju lobi.

“Sebelumnya cek suhu tubuh dua kali. Tapi tamu komplain karena ada perbedaan suhu yang cukup signifikan saat diperiksa di pintu gerbang dan sebelum masuk area lobi,” kata General Manager The Kuningan Suites, Alain John, kepada Kompas.com.

Proses check-in

Setelah mencuci tangan, tamu diarahkan ke area resepsionis untuk mengambil kunci kamar. Di sana, terdapat beberapa tanda berwarna merah di lantai.

Tanda tersebut bertujuan untuk mengatur alur antrean tamu. John menuturkan, sebelumnya jarak diatur satu meter namun kini diubah menjadi dua meter.

Selama di area resepsionis, tidak ada prosedur baru terkait pemesanan kamar atau proses check-in selain tamu harus cuci tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan.

Resepsionis yang berjaga mengenakan alat pelindung diri (APD) yang terdiri dari sarung tangan, masker, dan penutup wajah.

Memasuki lift

Setelah mengambil kunci, Kompas.com diarahkan ke kamar yang berada di lantai 7. Sebelum memasuki lift, tamu diimbau untuk jaga jarak sesuai dengan tanda yang telah disediakan di lantai.

Jaraknya sama dengan tanda yang berada di area resepsionis, yakni dua meter. Sistem lift di hotel tersebut masih belum contactless.

Kendati demikian, para tamu tidak perlu khawatir, karena pihak hotel sudah menyediakan hand sanitizer di dalam lift.

Selanjutnya, lift dibatasi hanya untuk lima orang. Empat orang diarahkan untuk berdiri di tanda yang telah disediakan, sementara satu orang lainnya berdiri di tengah.

“Saat ini memang masih belum ada petunjuk arah, tetapi tamu diimbau untuk tidak saling berhadapan saat berada di lift,” kata Director of Sales The Kuningan Suites, Apriliana.

Terkait hand sanitizer di beberapa titik dalam hotel yang masih belum contactless, John menuturkan, pihaknya berencana untuk mengubah seluruh hand sanitizer menjadi contactless.

Menginap semalam pada era new normal

Sebelum tamu menginap di salah satu kamar, dua jam sebelumnya pihak hotel akan menyemprotnya terlebih dahulu menggunakan disinfektan.

Seluruh pintu ruangan dalam kamar ditutup agar disinfektan yang disemprot tidak keluar-keluar. Penyemprotan dilakukan di seluruh bagian dalam kamar.

Tidak hanya permukaan seperti tembok, meja, dan kursi, juga kolong setiap benda dan bagian dalam lemari.

Penyemprotan juga dilakukan pada barang-barang yang kerap disentuh tamu seperti gagang pintu, tombol lampu, peralatan makan, dan perlengkapan toilet.

Sarapan diberikan di dalam kamar

Pada pagi hari, tamu mendapatkan telepon dari resepsionis. Dia memberikan informasi seputar menu yang tersedia pada hari itu, dan bertanya ingin diantar jam berapa. Saat itu, Kompas.com memesan nasi goreng dan “American Breakfast”.

Staf hotel yang mengantar sarapan mengenakan APD lengkap berupa sarung tangan, masker, dan penutup wajah.

Makanan dan minuman yang dibawakan pun semuanya ditutup menggunakan plastik bening. Hal ini dilakukan agar makanan tetap steril usai diolah dan kemudian dibawa ke tamu untuk dihidangkan.

Proses check-out

Untuk proses check-out, tamu mengantre sesuai jarak yang telah ditentukan.

Resepsionis yang berjaga juga masih mengenakan APD lengkap berupa sarung tangan, masker, dan penutup wajah.

Sebelum dan setelah memberikan kunci pun, tamu diimbau untuk cuci tangan terlebih dahulu menggunakan hand sanitizer yang telah disiapkan.

Terima kasih kepada Tiket.com dan The Kuningan Suites yang telah memberi kesempatan pada saya untuk menjajal penerapan protokol kesehatan di sana.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat menginap tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Leave a Reply