Bangga! Dua Chef Asal Bali Wakili Indonesia dalam Ajang Memasak Dunia di Prancis

Chef Salans, Nugraha Lutfi, Mandif Warokka dan Gilles Marx (ki-ka) Foto: Dok.Bocuse dOr Indonesia

ihgma.com – Chef Mandif Warokka dan Nugraha Lutfi akan mewakili Indonesia dalam babak final kompetisi memasak dunia ‘Bocuse d’Or’ di Prancis pada tahun 2021 mendatang. Setelah 10 tahun, akhirnya tim dari Indonesia terpilih untuk bertanding dalam kompetisi memasak paling prestisius di dunia ini.

Kompetisi Bocuse d’Or merupakan ajang memasak yang ada sejak tahun 1987 di kota Lyon, Prancis. Sekitar 24 negara dari berbagai belahan dunia, berlomba-lomba untuk masuk dan bertanding dalam kompetisi yang sering disejajarkan dengan Olympic Games atau World Cup dalam dunia kuliner itu.

Dilansir Kumparan.com Rabu (16/9), tim Indonesia akan dilatih oleh chef Chris Salans, pemilik restoran fine dining Mozaic, dan chef Gilles Marx, presiden dari Bocuse d’Or Indonesia. Chef Chris Salans juga menyampaikan rasa bangga serta rasa optimis melihat prestasi dan kapabilitas para chef Tanah Air tersebut.

Chef Nugraha Lutfi Foto: Dok.Bocuse dOr Indonesia 

Sepak terjang chef finalis dari Indonesia, Mandif, dalam dunia kuliner juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di dapur panas, chef dengan teknik memasak kontemporer ini telah beberapa kali berprestasi dalam panggung internasional; antara lain medali emas di Salon Culinaire Dubai tahun 2005.

Ditemani Nugraha Lutfi, commis dari restoran Blanco par Mandif, tim Indonesia diharapkan dapat keluar sebagai pemenang dalam kompetisi yang berjalan dua tahun sekali itu.

“Di usia saya yang masih 21 tahun, merupakan sebuah kehormatan besar untuk bisa turut serta dalam kompetisi kuliner paling bergengsi ini bersama dengan chef Mandif sebagai commis tim Indonesia,” ujar Nugraha.

Chef Nugraha Lutfi Foto: Dok.Bocuse dOr Indonesia

Presiden Bocuse d’Or Indonesia sekaligus pelatih tim Indonesia, Gilles Marx, juga mengungkapkan kalau terpilihnya para juru masak ini sebagai finalis Bocuse d’Or 2021 merupakan cerminan kapasitas chef Indonesia saat ini.

“Setelah sepuluh tahun yang lalu ketika membawa tim Indonesia ke Lyon, saya yakin Indonesia sekarang sudah siap untuk kembali lagi mengincar posisi di podium kompetisi memasak paling bergengsi di dunia.” tutup Gilles Marx.

Kini mereka tengah membuka kesempatan bagi seluruh rekan-rekan yang ingin berdonasi mendukung tim Indonesia dalam kompetisi bergengsi ini. Seluruh dana yang terkumpul, melalui akun resmi Kita Bisa atas nama Bocuse d’Or Team Indonesia, akan dialokasikan untuk biaya operasional dan logistik tim.

 

Leave a Reply