Begini Cara Bikin Hotel Murah Jadi Nyaman

JAKARTA, IHGMA.com – Liburan ke kota kecil yang belum dijangkau budget hotel, bersiaplah bertemu hotel nonbintang yang belum tentu nyaman. Selain interior dan eksterior yang tak update, perawatan fasilitasnya juga tak sebaik hotel-hotel budget jaringan hotel nasional dan internasional.

Namun, lanskap dan budaya yang indah, kerap mengalahkan kepentingan memilih hotel berbintang bahkan mengabaikan kelayakan hotel. Tapi jangan khawatir, berikut tips untuk membuat hotel nonbintang nyaman untuk sekadar menginap.

Memeriksa Kamar Hotel

Sebelum membuat nyaman kamar hotel yang Anda inapi, sebaiknya periksalah beberapa spot. Duduklah di tempat tidur dan dengarkan apakah ruangan yang Anda tempati sangat bising. Tentu saja, jika Anda berada di kota, ada suara bising yang tidak dapat dikendalikan oleh manajer hotel.   Selanjutnya periksa kebersihan seprai, kemudian periksa kondisi AC, dan kamar mandi. Sebersih apakah kamar mandi, handuk, dan adakah air panas. Anda juga perlu memeriksa kunci pintu dan jendela, untuk memastikan kamar aman, baik saat masuk maupun keluar.

Ilustrasi kamar hotel nonbintang di kota kecil. REUTERS/Cormac O’Brien

Lilin Beraroma

Bila semua oke, artinya kamar Anda layak untuk menginap. Sudah waktunya untuk membuatnya nyaman. Lilin beraroma adalah sesuatu yang bisa mengubah mood menjadi lebih baik dan suasana menjadi lebih tenang. Hotel nonbintang di kota ketiga yang standar perawatannya tak maksimal, sering memiliki bau tersendiri sehingga mengubahnya menjadi lebih wangi dengan bantuan lilin aroma adalah pilihan paling tepat.

Sarung Bantal Sutera

Bila membawa bantal sendiri dari rumah, mungkin terlalu berlebihan. Tapi membawa sarung bantal sutera dari rumah, sangat memungkinkan dan membuat tidur menjadi lebih nyaman. Dengan membawa sarung bantal sendiri, Anda terhindar dari sarung bantal yang kotor.

Perlengkapan Mandi Mewah

Hotel nonbintang biasanya tidak menyediakan peralatan mandi yang lengkap. Karena itu bawalah alat-alat mandi dari rumah. Itu membuat lebih nyaman, serasa di rumah atau merasakan wewangian yang sesuai dengan keinginan Anda.

Ilustrasi chia seed dalam campuran yogurt dan buah-buahan. Pixabay.com

Pakai Penyumbat telinga

Hotel murah biasanya identik dengan suara bising karena kamar umumnya tidak kedap suara. Pakailah penyumbat telinga sehingga Anda tidak terganggu suara bising di luar kamar.

Makanan Ringan, Camilan, dan Anggur

Bila makanan hotel nonbintang diarasa mahal atau tak sesuai selera, siapkan makanan ringan dan buah, terutama anggur – bagi yang menyukainya. Itu cukup membuat perasaan nyaman di kamar. Lagipula, ke kota kecil berlibur, makanan lokal lebih menggoda ketimbang makanan hotel.(tempo)

Leave a Reply