Bulan Agustus, Thailand Buka 5 Pulau

Pantai Karon di Phuket (Oktavia Sinaga/d'Traveler)

Bangkok, ihgma.com – Negeri Gajah Putih sadar bahwa pariwisata memegang peranan penting dalam perekonomiannya. Masih takut dengan Corona, Thailand mau buka diri bulan Agustus saja.

Penerbangan internasional sudah dibuka pada 1 Juli di Thailand. Namun bukan berarti negeri ini menganggap remeh Corona. Karena penerbangan tersebut dimaksudkan untuk pekerja profesional dan wisata medis saja.

Selebihnya, Thailand mulai dari wisata domestik. Meski pelan-pelan tapi angka kunjungan domestik mulai naik. Thailand tak mau kehilangan momen.

Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand berencana untuk membuka kembali 5 pulau untuk turis di Bulan Agustus. Pulau yang sudah disiapkan adalah Phuket, Koh Tao, Koh Phi Phi, Koh Samui dan Koh Phangan.

Pantai Koh Phi Phi Foto: (Thinkstock)

Segala regulasi dan protokol yang nantinya akan dijalankan masih dalam perbincangan dengan Kementerian Kesehatan Masyarakat. Yang pasti, jumlah wisatawannya akan dibatasi tergantung dari kemampuan masing-masing daerah untuk menampung pengunjung di era new normal.

Karena strateginya melawan Corona, Thailand berhasil masuk dalam daftar 15 negara yang aman untuk tujuan turis dari Uni Eropa. Sehingga promosi wisata di Bulan Agustus bisa dibilang akan lebih lancar.

Dalam menggenjot wisata domestiknya, Thailand sudah membuka restoran, total hingga kelab-kelab malam. Penjualan alkohol yang tadinya dilarang kini diperbolehkan sampai tengah malam.

Pusat pameran, perbelanjaan, pertokoan, tempat pijat dan sauna juga sudah beroperasi. Namun mereka hanya boleh buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Berkaca dari Jepang yang memiliki kasus infeksi baru setelah pelonggaran, Thailand memperkenalkan sertifikat Administrasi Keselamatan dan Kesehatan (SHA) yang baru. Sertifikat ini harus dimiliki oleh para pelaku bisnis, termasuk spa, hotel dan tempat-tempat makan.

Thailand ingin sebenarnya menargetkan 40 juta turis di tahun ini. Namun yang jumlah yang sudah tercapai baru 8 juta saja.

Leave a Reply