Canggih, Nginap di Hotel China Dilayani Robot

HANGZHOU, IHGMA.com – Robot, robot dan robot. Itu lah yang akan kita temui jika menginap di salah satu hotel di Hangzhou, China. Berbeda pada umumnya, hotel ini tidak terlalu banyak memperjakan tenaga manusia.

Ini sudah menjadi bukti bahwa robot bisa menggantikan peran manusia dalam dunia kerja.

Tak hanya robot, hotel ini juga dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Lalu apa rasanya menginap dan dilayani robot?

Okezone berkesempatan mengunjungi hotel yang bernama FlyZoo Hotel yang terletak di kompleks Alimall, tepat di sebelah kantor pusat Alibaba Hangzhou (Alibaba Campus) di wilayah Xixi, Hangzhou, China.

Fly Zoo Hotel di wilayah Xixi, Hangzhou, China (Foto: Okezone.com/Dani Jumadil Akhir)

Memasuki lobi hotel, kita tidak disambut oleh ucapan selamat datang dan tidak ada resepsionis, melainkan sebuah layar LED besar bertuliskan Welcome to FlyZoo Hotel.

Saat check in, lagi-lagi bukan manusia yang melayani tamu, melainkan sebuah mesin untuk melakukan self check inCheck in juga bisa dilakukan melalui aplikasi sebelum tamu menginap.

Tentunya pembayaran di hotel ini menggunakan aplikasi pembayaran QR Code. Setelah sudah check in dan melakukan pembayaran, maka tamu akan menuju kamar.

“Ada fitur pengenalan wajah, sehingga para tamu dapat membuka kunci pintu kamar dengan nyaman dan praktis,” kata Director, Corporate Affairs Alibaba Group Dian Safitri di Hangzhou, China, Jumat (13/9/2019).

Fly Zoo Hotel di wilayah Xixi, Hangzhou, China (Foto: Okezone.com/Dani Jumadil Akhir)

Dengan sistem pengenalan wajah di hotel, para tamu juga dapat memindai wajah mereka sebagai bukti identitas untuk mengaktifkan elevator, mengakses gym, ataupun bersantap di restoran.

Para tamu juga dapat memilih untuk tidak menggunakan sistem pengenalan wajah dan mengakses kamar mereka dan fasilitas hotel dengan cara manual.

Hotel ini terdiri dari 9 lantai. Okezone pun menaiki lift ke lantai 8 dan memasuki sebuah kamar. Tampak tidak ada yang berbeda dibandingkan kamar hotel pada umumnya yang terdiri dari dari toilet, wastafel, kasur, televisi hingga sofa.

Leave a Reply