Putra Subali “Dari Receptionist hingga General Manager”

IHGMA.com – Meniti karir di bidang Pariwisata di Bali tidaklah mudah. Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat didalamnya harus memiliki kompetensi dan keahlian sesuai dengan bidangnya. Kompetensi SDM yang berkecimpung di bidang Pariwisata khususnya hospitality industry sangat diperlukan. Kompetensi ini dapat diraih atau didapatkan dengan berbagai cara. Baik itu formal maupun nonformal.

PUTRA SUBALI, General Manager The Sanctoo Villas & Spa

Beranjak dari keinginan kuat untuk bangkit sekaligus membahagiakan keluarga tercinta, I Putu Subali Adi Putra, putra bungsu dari 5 saudara menjelma menjadi salah satu individu yang diperhitungkan di dunia hospitality industry. Terlahir dari keluarga sederhana, Putra Subali, begitu sapaannya sepanjang hidupnya sampai saat ini sudah merasakan pahit manis kehidupan sejak kecil. Masa kecilnya dihabiskan dengan main kelereng dan menangkap ikan dengan teman sebayanya saat itu.

Namun kini, siapa sangka, pria kelahiran Negara, Jembrana September 40 tahun silam saat ini dipercaya menjabat sebagai General Manager The Sanctoo Villas & Spa yang belokasi di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Merupakan sebuah kesempatan dan anugerah saat ini dipercaya menjadi General Manager.

Putra Subali merupakan putra kelima dari orang tua pasangan Wayan Westen (alm) & Ni Wayan Norsi. Setelah  menamatkan pendidikan di SMA Negeri 1 Mendoyo dan Mapindo sebagai kampus Pariwisatanya, Putra Subali banyak mengisi beberapa posisi strategis di hotel yang disinggahinya dulu.

Suami dari Nyoman Indrayani ini, mengawali karir sebagai Receptionist pada salah satu hotel di Kuta selama 2,5 tahun. Disinilah Putra Subali belajar banyak mengenai dunia perhotelan yang tidak didapatkan di kampus. Tidak sampai disitu, guna menambah jam terbang dan mendapatkan pengalaman yang berharga, Putra Subali memutuskan untuk mencoba peruntungan di Dubai dan berkesempatan mengisi beberapa  untuk mengisi beberapa posisi Front Office di salah satu Internasional Chain terbaik yaitu Jumeirah group dari tahun 2003 hingga 2008.

Setelah 5 tahun merantau di Dubai-UEA, Putra Subali pulang ke Bali dan bekerja di salah satu Villa kawasan Nusa Dua. Tidak hanya di Nusa Dua, dia pun sempat bekerja di beberapa hotel seperti Aston Denpasar, Risata Hotel dan terakhir di The One Legian sebagai Front Office Manager.

Putra Subali (Tengah) bersama Manajemen The Sanctoo Villas & Spa

Selama 4 tahun menjabat sebagai Front Office Manager, selama itu pula pernah dipercaya sebagai Wakil Ketua HFLA Bali (Hotel Front Liner Association).

Setelah dari The One Legian, Putra Subali mencoba kesempatan lain di posisi yang berbeda. Tahun 2015 The Sanctoo Villas & Spa yang berlokasi di Desa Singapadu, Sukawati, Gianyar sedang mencari posisi Sales & Marketing Manager. Saat itu, dia mencoba mendapatkan posisi tersebut berbekal posisinya saat itu sebagai Front Office Manager dan pada akhirnya posisi Sales & Marketing Manager pun diraihnya dengan susah payah.

Ayah dari 2 orang anak, sempat merasa tidak yakin bisa bekerja ditempat ini. Mengingat lokasi The Sanctoo Villas & Spa jauh menjorok kedalam dan berada di dalam areal Bali Zoo. Namun, dengan kegigihan dan semangatnya, dia pun mulai menikmati posisinya tersebut. Dimana awalnya The Sanctoo Villas & Spa masih tampak gersang dan mulai proses penghijauan, kini hotel ini mulai banyak didatangi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Melihat semangat dan komitmennya terhadap perusahaan, Putra Subali yang juga memiliki sertifikasi ahli perhotelan level 8, akhirnya setelah 4 tahun berkarir di The Sanctoo Villas & Spa akhirnya dipromosikan menjadi General Manager mulai awal tahun 2020 oleh Owner The Sanctoo Villas & Spa Anak Agung Gde Mahawisesa yang juga merupakan Executive Direktur PT. Pesona Aura Bali/The Sanctoo Villas & Spa. “Datang bersama adalah awal, tetap bersama adalah kemajuan dan bekerja bersama adalah kesuksesan”, kata pria dengan zodiak Virgo.

The Sanctoo Villas & Spa Ubud memiliki 12 Luxury Villa lengkap dengan Private Pool menjadikannya salah satu Resort terbaik di wilayah Gianyar. Purnama Kedasa mendatang, The Sanctoo Villas & Spa akan merayakan ulang tahun ke-4. Menjelang ulang tahunnya yang ke-4, The Sanctoo Villas & Spa bergerak cepat dengan membangun Suites dengan jumlah kamar sebanyak 26 unit lengkap dengan public poll dan fasilitas lainnya.

Dibawah kepemimpinannya, The Sanctoo Villas & Spa banyak meraih prestasi di beberapa ajang bergengsi tingkat Daerah, Nasional maupun Internasional seperti Bali Tourism Awards, World Luxury Spa Awards Winner, Tri Hita Karana Awards dan Certificate of Excellence dari Tripadvisor. Putra Subali saat ini juga menjabat sebagai salah satu pengurus di BPC IHGMA Gianyar (Indonesia Hotel General Manager) periode 2020-2023.

“Waktumu terbatas, jangan habiskan dengan mengurusi hidup orang lain”, kata Putra Subali dalam Motto Hidupnya. Tetaplah bekerja sesuai dengan kemampuanmu dan jadilah pribadi yang baik untuk siapa saja

Leave a Reply