Di Tengah Wabah Covid-19, Hotel Beralih Fungsi Jadi Tempat Isolasi

Malang, Ihgma.com – Pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang terdampak akibat Covid-19. Bahkan, banyak hotel tutup sementara.

Tak sedikit hotel yang terpaksa menutup operasionalnya agar tak mengalami kerugian lebih besar.

Di Kota Malang, setidaknya ada tujuh hotel bintang yang terpaksa berhenti beroperasi. Tak ayal hotel yang buka pun harus memutar otak untuk tetap mendapat pemasukan.

Hasilnya salah satu hotel di kawasan Jalan Basuki Rahmad Kota Malang menawarkan paket promo menarik dengan paket isolasi mandiri selama 14 hari.

General Manager Whiz Prime Hotel Basuki Rahmad Malang Aziz Sismono mengatakan, paket isolasi mandiri 14 hari dengan nilai Rp3 juta. Ini dilakukan sebagai upaya membuat hotel tetap survive di tengah wabah pandemi corona Covid-19.

“Ini bagian dari strategi pemasaran menyiasati situasi saat pandemi Covid-19 ini. Tentu promonya yang memenuhi situasi saat ini,” ujar Aziz ditemui Okezone, Rabu (15/4/2020).

Menurutnya, minimnya okupansi hotel yang hanya di kisaran 10 persen, meskipun kebutuhan beban karyawan tetap berjalan membuat pihaknya memutar otak mennyiasati mendapatkan okupansi di tengah pandemi.

“Yang biasanya okupansi kami 70 sampai 75 persen dari 155 kamar yang, sekarang hanya 10 persen. Makanya kami buat paket isolasi mandiri ini sebagai strategi pemasaran menghidupi karyawan,” katanya.

Paket isolasi mandiri ini disebut Aziz, bila seseorang bosan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing, sesuai anjuran yang diterapkan pemerintah untuk Work From Home (WFH).

“Jadi paket ini atau kita bisa menyebutnya Work From Hotel. Jadi kalau bosan isloasi mandiri di rumah, kemudian sebagai variasi alternatif work from home bisa dilakukan di hotel. Tentunya dengan suasana tidak seperti di rumah,” katanya.

Tamu yang akan melakukan isolasi mandiri ini nantinya akan dilakukan pengecekan kesehatan. Dengan pengukur suhu tubuh dan disemprotkan cairan antiseptik oleh petugas dengan alat pelindung diri (APD) di pintu masuk.

Pengunjung juga akan dilayani dengan makanan bergizi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Tak cukup sampai di situ, setiap bagian kamar yang ada di hotel juga disemprotkan dengan cairan disinfektan.

“Jadi tamu yang datang kami cek betul, mulai suhu tubuh dan disemprot antiseptik. Jadi mereka benar-benar dalam keadaan sehat saat masuk hotel. Untuk layanan makanan kami memang tidak suplai suplemen, hanya kami perbanyak di sayur-sayuran dan buah-buahan yang bergizi yang bisa meningkatkan daya imun tubuh,” katanya.

Sementara itu salah seorang tamu hotel Wanda Rosalina menyatakan memanfaatkan paket promo isolasi mandiri, lantaran dia mengaku bosan berada di rumah.

“Kalau berada di hotel dengan bekerja di hotel bisa lebih fresh. Tentu suasananya berbeda, di sini semuanya dilayani, jadi bisa lebih fresh lagi,” tuturnya. (inews)

Leave a Reply