Gelar Musda, IHGMA Chapter Lombok Pilih Ketua Baru Periode 2019-2022

MATARAM, IHGMA.com – Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) chapter Lombok menggelar Musyawarah Daerah (Musda) pada Sabtu (30/3), untuk memilih ketua baru periode 2019-2022, setelah masa kepemimpinan ketua lama yang dijabat Erik Tumbelaka, GM Kila Senggigi telah berakhir.

Setelah melalui pemilihan, Ernanda Dewobroto akhirnya terpilih sebagai Ketua IHGMA dengan perolehan suara sebanyak 33, sedangkan Irfan Madani sebagai Wakil Ketua dengan perolehan suara 16. Wedok Suprapti (Wiwit) sebagai Sekretaris dan Airlangga sebagai Bendahara.

Sebanyak 39 orang anggota IHGMA hadir pada Musda kali ini, dari total 75 orang anggota IHGMA Lombok. 

“Fokus kita di acara Musda II hari ini adalah memilih ketua untuk periode 2019-2022, karena ketua sebelumnya yakni Pak Erik Tumbelaka sudah menjabat 3 tahun dan kebetulan beliau juga memang pindah tugas ke Bali,” kata Ernanda Dewobroto, CHA, Ketua IHGMA terpilih seperti dilansir dari Lombokinsider.com

Ernanda mengaku Musda ini memang merupakan agenda yang telah direncanakan jauh hari sebelum kepindahan Erik Tumbelaka, selaku ketua. “Agenda Musda ini memang sudah ditetapkan sebelumnya, jadi harus tetap berjalan sesuai rencana dan sudah ada penunjukan dari IHGMA pusat saya sebagai PLT selama semingu terakhir, sebelum pemilihan ini berlangsung,” ujar GM Golden Palace Hotel ini.

Menurutnya, ini juga sebagai contoh dan pembelajaran kepada asosiasi pariwisata yang lain agar dalam pemilihan ketua tidak perlu saling ribut berkepanjangan.

“Semoga kami IHGMA bisa menjadi contoh yang baik, bahwa dalam pemilihan ketua tidak perlu sampai terjadi keributan. Malu, kalau hanya untuk memilih ketua asosiasi kita harus ribut,” jelasnya.

Lebih lanjut Ernanda mengatakan bahwa IHGMA sebagai organisasi profesi tetap fokus pada upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya para GM Indonesia agar bisa setara dengan GM asing dan juga profesi lainnya yang ada dilingkup usaha perhotelan.

“Selain memilih ketua, Munas kali ini juga akan merumuskan kapan saat tepat untuk mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda), juga akan ada IHGMA Conference di Bandung,” ucap Ernanda yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM).

Sejauh ini IHGMA telah melaksanakan komitmenya dalam peningkatan kualitas SDM perhotelan di NTB, dengan banyaknya melakukan sertifikasi baik terhadap profesi GM maupun profesi lain dari tingkat manajer hingga staf hotel biasa.

Menyinggung okupansi hotel-hotel di Mataram secara umum pada triwulan pertama 2019 ini, sebagai Ketua AHM Ernanda mengatakan ada sedikit peningkatan pada Maret ini dibanding Februari, hanya saja jika dibandingkan tahun lalu masih lebih rendah.

Leave a Reply