High Revenue VS High Profit

BALI, IHGMA.com – High Revenue VS High Profit

Sangat diyakini dan sering dibanggakan bahwa pencapaian revenue yang tinggi adalah sebuah keberhasilan luar biasa. “Yes, we reach maximum revenue ! Great we are..!” Demikian kira-kira ungkapan kegembiraan yang terlontar saat itu…

Sahabat hotelier, seorang GM yang juga dominan bertanggung jawab pada 3 hal pokok utama dalam tujuan pengelolaan hotel business (to maintain quality, to increase revenue and PROFIT, to develop human resources) sebaiknya juga menempatkan dirinya sebagai business leader, dimana selain meraih KEUNTUNGAN secara finansial juga harus memperhatikan KEBERLANGSUNGAN BISNIS dalam jangka waktu yang panjang (business sustainability). Hal ini hanya dapat tercapai dengan melakukan salah satu strategi dari beberapa pilihan yang tersedia yaitu bagaimana suatu property dapat ditampilkan “semakin baik” dari masa ke masa, bukan sebaliknya. Hal ini membutuhkan pembiayaan yang terstruktur dan terencana secara komprehensif. Biaya? Darimana? Ya dari hasil kemampuan Anda menyisihkan pendapatan setelah dikurangi biaya operasional. Waduh, keuntungan finansial hotel saya kecil nih, gimana dong ?

Untuk itu, semua GM pastinya menyadari bahkan dituntut target pencapaian GOP dan NOP nya berhasil dengan baik. Kemampuan atas basic financial management dengan rumus Revenue minus Cost/Expenses sama dengan Profit harus ditelusuri dalam analisa yang kuat mulai dari; 1) determining room cost; 2) establish ADR; 3) target occupancy rate; 4) undistribute expenses. Selanjutnya diimplementasikan dalam strategic management meliputi; 1) establish manning guide; 2) determining purchase standard; 3) establish strategic financial management procedures; etc.

Wah… banyak hal ternyata ya ? Dan masih banyak lagi yang lainnya perlu diketahui dan diaplikasikan oleh seorang Hotel General Manager. Because the position is not only to become the hotel leader, but she/he must be well performed in business growth.

Mari selalu belajar….

Salam IHGMA,

K. Swabawa, CHA
Director of Swaha Hospitality Management
Director of Operations of GHE
Vice Chairman of IHGMA Bali

Leave a Reply