Hotel Hakaya di Balikpapan Ditutup

BALIKPAPAN, IHGMA.com – Eksistensi perhotelan di Kota Balikpapan mengalami dinamisasi, ada muncul hotel baru bahkan ada juga yang tenggelam dengan alasan beragam alasan. Satu di antaranya hotel yang sudah lama dikenal masyarakat Balikpapan, Hotel Hakaya. Hotel ini secara resmi telah tutup jelang akhir tahun 2018.

Saat Tribun mendatangi lokasi gedung Hotel Hakaya di Jl Marsma Iswahyudi, Sepinggan Balikpapan Selatan, Kamis (10/1), pintu masuk parkiran hotel ini sudah tertutup portal, tidak ada lagi aktivitas orang-orang yang masuk dan keluar dari Hotel Hakaya.

Area parkiran pun tidak ditemui adanya muatan sepeda motor dan kendaraan roda empat, biasanya di tempat ini ramai parkiran kendaraan bermotor, tamu dari para Hotel Hakaya Balikpapan.

“Sudah tutup, sementara lagi proses, belum ada lagi hotel disini,” ujar seorang pria yang mengaku sebagai petugas keamanan yang mengenakan seragam hitam.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler, Widy Ariyanto, General Manager Hotel Hakaya Balikpapan, ungkapkan, secara resmi pihaknya sudah tutup, sekarang ini sedang dalam proses peralihan ke pihak Angkasa Pura.

Penutupan Hotel Hakaya secara resmi sudah dilakukan sejak 10 November 2018. “Mau diambil alih sama Angkasa Pura. Sebelumnya hotel kan berada di bawah bendera PT Sepinggan Sarana Utama,” ungkapnya.

Latar belakang Hotel Hakaya Balikpapan ditutup lebih kepada internal manajemen, lebih memilih untuk dikuasai pihak Angkasa Pura. Penutupan hotel bukan karena bangkrut tetapi lebih kepada persoalan internal manajemen.

“Dibanding tahun sebelumnya, kami 2018, masuk September sampai Oktober ada kenaikan dari 2017. Kami masih bisa bertahan di tengah persaingan hotel yang semakin ketat. Kami sempat naikkan pendapatan sekitar 10 persen,” ungkapnya.

Saat Hotel Hakaya dinyatakan tutup oleh manajemen, banyak pelanggan yang merasa kehilangan, sekaligus kaget, muncul rasa tidak percaya. Terlebih hotel yang memiliki total kamar sebanyak 138 unit ini sudah populer di telinga masyarakat Balikpapan, termasuk di dunia maya.

Keberadaan Hotel Hakaya di Bandara Sepinggan sangat berdekatan dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, yang secara prospektif sangat positif.

Rata-rata tamu yang berkunjung dan memakai jasa Hotel Hakaya lebih kepada kalangan pebisnis, wisatawan dan orang yang menunggu melakukan penerbangan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Menurut Widy, melihat lokasi yang strategis dan prospektif, maka Angkasa Pura berani mengambil alih untuk mengelola secara penuh. Apalagi di daerah sekitarannya pun akan muncul hotel yang baru lagi, tidak jauh dari lokasi bandara. (tribunnews)

Leave a Reply