IHGMA Dan SMK Siap Bersinergi

SOLO, IHGMA.com – Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) membuka peluang kerja sama dengan SMK bidang perhotelan dan pariwiata
Tawaran itu disampaikan ketua DPD Jawa Tengah, Sugeng Sugiantoro, dalam audiensi dengan para kepala sekolah menemgah kejuruan (SMK) dari berbagai kota/kabuopten di Soloraya yang tergabung dalam MKKS (musyawarah kerja kepala sekolah), Senin (18/3) seperti dilansir dari Suaramerdeka.

Audiensi di Fave Hotel Solo itu dilakukan sebelum asosiasi tersebut menggelar rapat kerja (raker). “Kami punya jaringan hotel di berbagai wilayah di Jawa Tengah dan SMK-SMK bisa memanfaatkan untuk kerja sama. Beberapa SMK telah memanfaatkan hotel-hotel tersebut untuk kerja sama,” kata dia.

Menurut Sugeng, banyak hal yang bisa didapat dari kerja sama itu. Bagi IHGMA, kerja sama itu dalam rangka penyediaan sumber daya manusia (SDM) di bidang perhotelan dan pariwisata, sekaligus implentasi dari program One GM One SMK dari Kementerian Pariwisata.

Sejumlah kepala SMK menyambut baik kerja sama itu. Menurut mereka, sejumlah SMK di Soloraya yang mengampu program studi perhotelan dan pariwisata biasanya sudah bekerja sama dengan pihak hotel. Hanya saja, kerja sama itu masih sendiri-sendiri, antara SMK dan hotel.

“Akan lebih baik kerja sama itu antar asosiasi atau antar lembaga sehingg akan lebih kuat posisinya,” kata M Woro Nugroho, Kepala SMK Negeri 4 Klaten.

Kepala SMK Negeri 5 Solo sekaligus ketua MKKS Surakarta, Edi Haryana mengatakan, kerja sama antara SMK dengan IHGMA bisa untuk pintu masuk berbagai hal. Mulai penyusunan kurikulum, mendatangkan praktisi perhotelan untuk mengajar, memudahkan para siawa magang atau PKL di hotel, hingga pembentukan sekolah industri.

Kepala SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar, Widodo menambahkan, dengan kerja sama itu, secara akademis para siswa mendapatkan ilmu, ijazah serta pengakuan, dan secara kompetensi para siswa siap kerja. Makanya kerja sama antara IHGMA dengan SMK harus direalisasikan. Dan jangan hanya sebatas wacana.

Leave a Reply