IHGMA DPD Riau Komitmen Dukung Riau Jadi Daerah MICE

090516-RHN-BISNIS-17-PROPERTI

PEKANBARU, IHGMA.com — Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Riau menyampaikan komitmennya untuk mendukung program pemerintah mewujudkan Riau sebagai wilayah MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

Rahmi D. Pris, GM Hotel Swiss-Bellinn SKA Pekanbaru, yang membawahi Bidang Humas & Antar Lembaga Organisasi, Humas & Pemasaran, serta Event, Sosial & CSR dari IHGMA DPD Riau memaparkan ada dua agenda penting bidangnya yang menjadi highlight pada tahun ini.

“[Pertama]yaitu MoU dengan lembaga/organisasi/pemerintahan dengan tujuan mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Riau sebagai kota MICE dan memfasilitasi serta membentuk satu Wadah Komunikasi Hotel & Media (WKHM),” kata Rahmi melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (26/2/2020).

Sedangkan program Bidang Event, Sosial, dan CSR, Rahmi mengusulkan untuk menyelenggarakan event tahunan bertajuk “Safety and Culinary Festival” (ISCF) 2020 yang akan bersinergi dengan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) dan Dinas Pariwisata. 

Adapun, hal itu disampaikan Rahmi dalam Rakerda IHGMA DPD Riau pada Selasa (25/2/2020). IHGMA DPD Riau merupakan wadah komunikasi para pimpinan tertinggi hotel di Riau yang berdiri pada 2018.

Selain membahas kegiatan pada tahun pertama berdirinya IHGMA DPD Riau pada 2019, Rakerda juga mengukuhkan kepengurusan baru untuk menggantikan beberapa ketua bidang yang kosong.A dapun, beberapa pengurus sebelumnya ada yang sudah tidak bertugas di Riau.

“Puncak dari rangkaian agenda Rakerda yang ditungu-tunggu oleh pengurus adalah pemaparan program kerja 2020 dari masing-masing bidang sesuai dengan concern IHGMA pada keberadaan asosiasi sebagai pertanggungjawaban secara internal bagi anggota dan juga eksternal bagi masyarakat, industri dan pemerintah” kata Ketua IHGMA DPD Riau Bregas Yekti.

Dari Bidang Akreditas dan Sertifikasi, GM Hotel Grand Elite Lusiyanti selaku ketua mengatakan komitmennya untuk melakukan pendampingan, pelatihan dan pembinaan kepada sekolah kejuruan perhotelan seta perguruan tinggi pariwisata se-Riau.

Kemudian, dari Ketua Bidang Keanggotaan Osmond Bramono menyampaikan bahwa akan dibuatkan Member Card dengan beberapa benefit di dalamnya bagi anggota IHGMA DPD Riau.

Dari Bidang Litbang dan Teknologi Informasi, Yudha Indrayana yang juga GM Hotel Tjokro menjelaskan mengenai program penyusunan rencana tarif hotel sesuai klasifikasi bintang. Pasalnya, tumbuh dan berkembangkan hotel di Riau disebut telah membentuk persaingan bisnis yang kian menggeliat.

Bidang Kelembagaan, Perijinan dan Legal yang diketuai oleh Mawardi selaku GM Hotel Royal Asnof mengatakan bakal memberikan dukungan berupa konsultasi terhadap pembuatan legal dan kontrak/MoU yang dibuat oleh masing-masing bidang.

Adapun, acara Rakerda IHGMA DPD Riau juga dihadiri oleh Nofrizal yang merupakan Ketua PHRI sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru dan Dewan Pembina IHGMA DPD Riau.

“Dengan hadirnya  IHGMA dapat mendorong percepatan perekenomian dan usaha yang secara tidak langsung mengangkat harkat dan martabat perhotelan Riau. Diharapkan pelaksanaan Rakerda ini dapat bersinergi dengan lembaga organisasi serta pemerintahan terkait sehingga menghasilkan keputusan-keputusan terbaik untuk kesejahteraan masyarakat Riau,” ujarnya.(bisnis)

Leave a Reply