IHGMA Jateng Rutinkan Bursa Kerja Perhotelan

SEMARANG, IHGMA.com – Melihat perkembangan saat ini dimana para generasi muda belum memahami industri kerja, khususnya didunia perhotelan, Indonesian Hotel General Manager Association Jawa Tengah mengadakan acara bursa kerja (job fair).

Acara yang diikuti 23 peserta pameran yang terdiri dari hotel dan sekolah perhotelan di Jawa Tengah ini berlangsung pada Rabu–Kamis (30-31/10/2019) di Rosemary Ballroom favehotel Solo Baru Sukoharjo.

Acara ini terbuka dan  gratis bagi seluruh siswa sekolah pariwisata perhotelan maupun umum yang ingin mencari peluang kerja. Di sisi lain, acara tersebut menambah wawasan mengenai industri perhotelan.

Sugeng Sugiantoro, Ketua DPD Jateng IHGMA sekaligus GM Messastilla Resort & Spa Magelang menuturkan ke depannya acara ini akan menjadi agenda tahunan asosiasi.

“Ini wujud komitmen kami dalam pengembangan SDM Pariwisata terutama di Jawa Tengah. Bahkan kami sedang menjajaki kemungkinan untuk bekerjasama dengan Pokdarwis [Kelompok Sadar Wisata] Jawa Tengah untuk pendampingan One GM One Pokdarwis,” paparnya, Jumat (1/11/2019).

Ika Florentina, Sekjen IHGMA DPD Jawa Tengah sekaligus Cluster GM Favehotel Solo menyatakan acara  ini merupakan job fair pertama dan satu satunya yang khusus menyasar segmen industri perhotelan atau hospitality.

“Yang menarik adalah dalam acara ini ada Talkshow Millenials Goes To Hospitality Industri, dengan nara sumber para General Manager dari hotel-hotel di Jawa Tengah,” tuturnya.

Anggota IHGMA DPD Jateng pun berbagi tentang kiat sukses bekerja di hotel dan bagaimana cara menjadi seorang GM. Ada juga trik dan tips soal membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga.

Dalam acara pembukaan IHGMA mengadakan penandatangan MOU Kelas Industri Favehotel Solo dengan SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar dan SMK Sahid Surakarta. Ini merupakan bukti kepedulian dan komitmen hotel untuk mendukung pengembangan SDM pariwisata melalui dunia pendidikan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MOU Mentorship antara IHGMA DPDP Jateng dengan SMK Sahid Surakarta dan SMK Negeri Ngargoyoso Karanganyar.

Turut hadir sejumlah tamu penting seperti Kabid Pengembangan SDM dan Ekonomi Kreatif Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Trenggono, Ketua BPC PHRI Solo Raya Abdullah Soewarno, dan  Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan.

Leave a Reply