Ini Daftar Kereta Api Wisata di Indonesia yang Bisa Disewa

IHGMA.com – Kereta api menjadi salah satu moda transportasi andalan bagi para wisatawan untuk berlibur ke berbagai destinasi wisata. Sebut saja, Semarang, Yogyakarta, Bandung hingga Surabaya. Bukan hanya kereta ekonomi, bisnis hingga eksekutif saja, ternyata PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga memiliki kereta api wisata dikutip dari viva.co.id.

PT KAI saat ini memiliki sejumlah series kereta api wisata yaitu, Priority, Imperial, Jawa, Sumatera, Nusantara, Bali dan Toraja, yang masing-masing memiliki setting layout yang berbeda.

Untuk harga yang ditawarkan pun beragam. Yang paling mahal bisa mencapai Rp28 juta. Nah, berikut ini beberapa fitur dan fasilitas yang ada beberapa kereta wisata tersebut, dilansir dari indorailtour.com, Selasa, 3 Juli 2018.

Kereta Wisata Priority

Dilengkapi dengan LCD TV layar sentuh pada tiap kursi, berwisata dengan kereta ini membuat penumpangnya tak akan bosan karena bisa menikmati ragam pilihan hiburan audio dan video.

Kursinya juga dilengkapi meja portabel dan power socket di sebelah kursi. Anda pun bisa menggunakan laptop atau gadget lain selama perjalanan. Kursinya juga sangat nyaman karena ergonomis dengan ruang kaki yang lapang.

Beberapa fasilitas lain yang ditawarkan adalah karaoke system, mini bar (termasuk makanan dan minuman), bagasi (20 kilogram) dan toilet.

Kereta Wisata Imperial

Sengaja didesain khusus untuk memberikan pengalaman perjalanan jarak jauh yang nyaman dan tak terlupakan bagi penumpang, kereta ini memiliki kursinya yang bisa direbahkan hingga 135 derajat (reclining seat) dan head rest fleksibel yang dapat disesuaikan.

Meja portabel, power socket dan lampu baca juga tersedia. Termasuk fasilitas yang sama dengan Kereta Wisata Priority.

Kereta Wisata Jawa

Berkapasitas 20 orang, Kereta Wisata Jawa ini memiliki desain interior dan segala pernak-pernik yang menonjolkan seni dan keindahan budaya Jawa. Untuk fasilitasnya, kereta memiliki kamar tidur untuk 2 orang, dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel.

Ada juga mini bar yang bersebelahan dengan ruang serba guna yang dapat digunakan sebagai tempat meeting atau menjadi meja makan keluarga.

Selain itu ada ruang menarik, yaitu ruang utama yang ditata mewah dilengkapi audio dan video/TV monitor. Keseluruhan ruang kereta juga dilengkapi pendingin ruangan (AC) dan tak ketinggalan toilet yang bersih.

Kereta Wisata Sumatera

Kereta dengan kapasitas untuk 22 orang ini memiliki corak yang sama dengan kereta wisata Jawa. Namun, kereta wisata Sumatera tidak dilengkapi kamar tidur. Sebagai gantinya ada ruang privat yang dilengkapi fasilitas audio-video untuk berkaraoke atau menonton film.

Tersedia pula mini bar yang bersebelahan dengan ruang serba guna yang dapat digunakan sebagai tempat meeting atau menjadi meja makan keluarga.

Ruang utamanya sendiri ditata mewah, dilengkapi dengan audio, video/TV monitor, dan keseluruhan ruang kereta dilengkapi pendingin ruangan (AC) dan toilet.

Kereta Wisata Toraja

Interior kereta ini kental dengan nuansa budaya Toraja. Didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan budaya Toraja. Fasilitas lainnya seperti mini bar, kamar mandi (toilet), audio/video dan pendingin ruangan (AC) tersedia di dalam kereta ini.

Kereta Wisata Nusantara

Desain interior dan segala pernak-perniknya menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau di Nusantara, seolah saat kita berada di dalam kereta ini semua nuansa budaya Nusantara dapat secara bersamaan kita nikmati.

Kereta yang bernomor seri 67501 ini memiliki kapasitas tempat duduk eksklusif untuk 19 orang. Kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel.

Untuk melihat pemandangan luar arah belakang secara leluasa tersedia balkon VIP. Sedangkan lobi tengah yang ditata mewah dilengkapi audio/karaoke system, video/TV monitor, pendingin ruangan (AC) dan kamar mandi.

Kereta Wisata Bali

Kental dengan nuansa budaya Bali, interior kereta didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan Pulau Dewata. Kereta wisata bali bernomor seri S.67801 ini memiliki 20 tempat duduk ekslusif dalam 2 ruangan. 16 tempat duduk terletak di meeting room dan 6 tempat duduk di ruangan khusus (kabin).

Fasilitas lainnya seperti mini bar, kamar mandi, audio/video dan pendingin ruangan (AC).

Leave a Reply