International Hotel General Manager Conference & Exhibition di Bali

IHGMA, BALI – Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) sebagai asosiasi para General Manager hotel seluruh Indonesia bekerja sama dengan Bimatama Inter Kreasi menyelenggarakan “International Hotel General Manager Conference & Exhibition” pada 20-21 September 2017 di BNDCC, Nusa Dua Bali.

Kegiatan konferensi para General Manager yang pertama kali digelar ini dibuka oleh Bp Vicencius Jemadu, Asisten Deputy Pengembangan Pasar Asia Pasifik pada Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mewakili Meteri Pariwisata. Konferensi menghadirkan 15 keynote speakers dari dalam dan luar negeri, diantaranya dari Kementrian Pariwisata RI, PATA Foundation, Horwath HTL, ICBET, Eco Resort Tiger island, Garuda Indonesia, Agoda, Traveloka, dan sebagainya. Selain itu juga diadakan table top session menghadirkan para buyers dari Asia seperti Malaysia, Singapore, Hongkong, China dan Taiwan selain wholeseller dari dalam negeri. Sementara pada bagian Exhibitions menghadirkan para vendor kebutuhan operasional hotel dengan merk-merk ternama dan berkualitas tinggi.

Kegiatan ini mengusung tema “Intensifying Productivity and Global Market Share” dan dibahas dalam 5 (lima) segment pemaparan materi dengan sub topic “General Manager in ASEAN” menyangkut readiness of tourism industry in supporting tourism future trend beyond 2018 serta readiness of General Manager in welcoming ASEAN countries tourism trend beyond 2018.

Pada sub topic ke-2 yaitu “Tourism Future Trend Beyond 2018” membahas tentang Rural Tourism; Delighting tourist, Developing communities yang dipresentasikan langsung oleh Mr Peter Semone, chairman of the PATA Foundation, sementara Mr George Ubbelohde, Executive Director of International Center for Business Education and Training (ICBET) mempresentasikan tentang The Growth of Edutourism for Global Renewal. Sementara untuk sub topic selanjutnya dibahas tentang Global Market Strategi yang dibawakan oleh para ahli di bidang digital marketing mewakili perusahaan-perusahaan berkelas internasional. Hal yang tidak kalah menarik juga adalah mengenai survey statistic terkait Changing market dynamic, performance and demand in Bali and Indonesia yang disampaikan langsung oleh Mr Matt Gabbie / Director of Horwath HTL’s Jakarta Office.

Kegiatan ini diikuti sekitar 500 para executive hotelier dari anggota IHGMA seluruh Indonesia dan juga para anggota asosiasi profesi lainnya serta para dosen pengajar di sekolah tinggi kepariwisataan.

Sementara pada sesi table top diikuti oleh puluhan hotel dari seluruh Indonesia sebagai sellers dan para top travel agent dari dalam dan luar negeri sebagai buyers, diharapkan dapat sebagai ajang promosi untuk mendapatkan bisnis baru serta market penetration secara face-to-face presentation.

Kegiatan IHGMCE 2017 ini didukung penuh oleh KEMENPAR, Pemerintah Kabupaten Badung beserta segenap jajaran Dinas Pariwisata Kabupaten Badung serta BPPD Badung, dihadiri juga oleh Anggota DPD RI, Dr Shri Gst Ngurah Arya Wedakarna, Gubernur Bali, Kadisparda Bali, Ketua DPRD Bali, Ketua GIPI Bali, Ketua BPD PHRI/BPPD Bali, Ketua Asita Bali, Ketua asosiasi profesi dan perhotelan seperti IHKA, HFLA, IFBEC, ICA, Bascomm, HRA, UHA, BHA, BVA, SKKBA, UHSA serta para ketua / direktur sekolah tinggi pariwisata seperti STPND Bali, STPBI, STP Bandung dan lainnya.

Pada kesempatan malam hari disuguhkan santap malam dalam tema “Hospitality Gala Dinner” yang di host oleh Kepala Dinas Pariwisata Badung di Taman Jepun area BNDCC sebagai ajang networking antar peserta dan stakeholder di industri kepariwisataan.

Penulis: Syafri Ario

Leave a Reply