Investor Singapura Diajak Bangun Mall dan Hotel di Banda Aceh

BANDA ACEH, IHGMA.com – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta Konsul Jenderal Singapura yang berkedudukan di Medan, Richard Grosse untuk mempromosikan Aceh ke investor di Singapura, terutama sektor pariwisata.

“Kami menyambut baik bila ada investor dari Singapura yang berminat membangun hotel, mal, atau rumah sakit di Banda Aceh. Lahannya ada, soal perizinan juga akan kami permudah,” kata Aminullah saat menerima kunjungan Richard Grosse di kantornya, Banda Aceh, Selasa (19/2) seperti dikutip dari kumparan.

Kata Aminullah, keberadaan hotel, mall, dan rumah sakit bertaraf internasional akan mendukung sektor pariwisata Banda Aceh. “Tolong bantu promosi juga Pak Richard, di sini kami punya banyak destinasi wisata mulai dari cagar budaya, edukasi tsunami, religi, kuliner, hingga kopinya,” sambung Wali Kota Banda Aceh.

Sektor pariwisata sedang tumbuh di Ibu Kota Provinsi Aceh itu. Tercatat wisatawan yang berkunjung sekitar 400 ribu orang di tahun 2018, terjadi peningkatan sebesar 105.047 orang dari tahun 2017.

Richard Grosse yang baru pertama kali ke Aceh mengatakan, selama tiga hari kunjunganya akan berkeliling kota untuk melihat potensi yang ada. Setelah itu baru akan dijajaki kerja sama apa yang tepat dilakukan kedua belah pihak.Menurutnya, promosi secara besar-besaran merupakan syarat mutlak agar pariwisata Banda Aceh dapat terus maju dan berkembang.

“Di Singapura setiap tahunnya ada expo pariwisata internasional. Banda Aceh dapat ikut serta agar semakin dikenal dunia,” ungkapnya.

Pada Senin (18/2) kemarin, Grosse juga bertemu Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Aceh, T Helvizar Ibrahim. “Saat ini kami terus berbenah untuk mempermudah investor berinvestasi di Aceh. Pemerintah Aceh menyambut baik jika Singapura ingin berinvestasi di Aceh,” ujar Helvizar.

Dalam kesempatan tersebut, Helvizar mengatakan belum ada penerbangan langsung Aceh – Singapura. Hal menjadi salah satu faktor minimnya kunjungan wisatawan Singapura ke Aceh. Harapannya, Konjen Singapura dapat mengusahakan untuk membuka rute penerbangan tersebut.

Leave a Reply