Jelang Asian Games, Hunian Hotel di Jakarta Sudah Capai 70 Persen

JAKARTA, IHGMA.com – Tingkat hunian atau okupansi hotel sudah mulai meningkat menjelang perhelatan Asian Games pada 18 Agustus 2018. Berdasarkan catatan Kementerian Pariwisata, tingkat okupansi hotel di DKI Jakarta saat ini sudah mencapai 70 persen.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, tingkat okupansi bahkan sudah mencapai 100 persen untuk hotel yang berada di sekitaran venue Asian Games. Dia optimistis tingkat hunian hotel secara keseluruhan selama Asian Games mencapai 100 persen.
“Di daerah sekitar venue 100 persen, yang jauh dari venue rata-rata 70 persen. Kalau dari total hampir pasti nanti semua hotel akan penuh,” kata Arief dalam acara Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Gedung Bappenas, Jakarta, Minggu (29/7).
Tak hanya di Jakarta, tingkat okupansi kamar hotel di wilayah Palembang atau tepatnya dekat dengan stadion utama Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan pun saat ini sudah hampir penuh. Sebab, kapasitas di wilayah tersebut mencapai 3.030 orang.
Jakabaring nantinya akan menjadi tempat pelaksanaan untuk ke-12 cabang olahraga seperti sepak bola wanita, tenis, dayung, roller skate, dan menembak.
“Untuk di Palembang lebih penuh lagi, karena jumlah kapasitasnya Palembang 20-30 persen orang ke sana. Sehingga bukan hanya hotel, tapi yang di Jakabaring ada sekitar 3.000 dan hampir pasti akan penuh,” ujarnya dikutip dari kumparan.com.
Gelaran Asian Games yang akan diselenggarakan dari 18 Agustus hingga 2 September 2018 yang akan diikuti oleh 11.429 atlet dari 45 lima negara.
Sementara jumlah penonton yang akan menyaksikan gelaran pesta olahraga terbesar di Asia ini diprediksi mencapai 2 juta penonton, 200 ribu orang di antaranya berasal dari mancanegara.

Leave a Reply