Kalahkan Phuket, Bali Jadi Destinasi Wisata Terpopuler di Asia Versi TripAdvisor

Ilustrasi wisatawan mancanegara di Indonesia.(Dokumentasi Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

ihgma.com – Pesona keindahan yang dimiliki Bali memang tidak diragukan lagi. Pulau Dewata menyuguhkan panorama alam yang eksotis serta memiliki segudang aktivitas wisata yang menarik untuk dijajal.

Dilansir Kumparan.com Sabtu 12/9/2020, Bali yang merupakan destinasi wisata dunia sudah meraih banyak penghargaan di sektor pariwisata baik di level nasional maupun international. Baru-baru ini, Bali juga dinobatkan sebagai destinasi wisata terpopuler di Asia tahun 2020 versi Tripadvisor.

Situs travel planning and booking TripAdvisor baru saja merilis Travellers Choice untuk kategori Destinasi 2020. Tripadvisor memilih 25 destinasi terpopuler berdasarkan unsur kualitas dan kuantitas dari ulasan dan rating yang diberikan traveler pada 2019.

Pura Lempuyang Luhur, Bali Foto: Shutter stock

Dalam kategori tersebut, Bali menduduki peringkat pertama melangkahi Phuket, Thailand, yang berada di posisi ke dua. Tak mengherankan, karena keindahan alam dan budayanya yang khas begitu memikat traveler lokal maupun mancanegara yang berlibur ke sana.

Menurut Wakil Presiden Brand Ambassador Tripadvisor, Neela Pal, menyebut bahwa tujuan diberikannya penghargaan ini adalah untuk mendapatkan destinasi wisata unggulan yang sering direkomendasikan wisatawan untuk dikunjungi di Asia.

”Pemenang Destinasi yang Sedang Tren dan Sedang Berkembang didasarkan pada masukan dan minat yang meningkat dari wisatawan di Tripadvisor dan karenanya merupakan sumber inspirasi dan perencanaan yang luar biasa untuk menemukan tempat yang baru,” kata Neela Pal, sebagaimana dikutip SeAsia.

Ilustrasi Nusa Penida Bali Foto: Shutter stock

Dari penilaian itu, terpilihlah Bali sebagai yang terpopuler. Bali digambarkan sebagai surganya Indonesia yang kaya akan fantasi. Suasana pantai tropis, hutan, dan seni budaya menjadi daya tarik Pulau Dewata dibandingkan destinasi top Asia lainnya.

Selain Bali, Lombok juga Masuk dalam Destinasi Wisata Terpopuler di Asia Versi TripAdvisor

Selain Bali, destinasi wisata Indonesia yang juga masuk ke dalam daftar tersebut adalah Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam daftar tersebut, Lombok menempati posisi 16.

Lombok digambarkan sebagai destinasi yang memiliki pantai perawan, air terjun bak kristal, dan gunung berapi yang menjulang tinggi. Pantai Kuta dan kawasan Gili menjadi daya tarik utama bagi wisatawan karena memiliki pasir putih serta lokasi selam yang menawan.

Ilustrasi Masyarakat Bali Foto: Shutter Stock

Tripadvisor adalah platform wisata terbesar di dunia yang mengumumkan pemenang Penghargaan Travellers Choice untuk Destinasi 2020 pada Agustus lalu. Penghargaan destinasi tahunan kali ini mencakup dua kategori baru.

Pertama, Trending, yaitu mengenali tujuan yang mendapatkan peningkatan terbesar dalam ulasan positif, minat pemesanan, dan penelusuran selama setahun terakhir.

Kedua, Pencarian atau yang sering muncul, yaitu daftar pencarian wisatawan tentang tujuan yang telah mereka simpan untuk perjalanan mereka selanjutnya di Tripadvisor. Berikut ini daftar 25 destinasi terpopuler di Asia versi Tripadvisor.

  1. Bali, Indonesia
  2. Phuket, Thailand
  3. Goa, India
  4. Bangkok, Thailand
  5. Hanoi, Vietnam
  6. Hoi An, Vietnam
  7. Siem Reap, Kamboja
  8. Tokyo, Jepang
  9. Kyoto, Jepang
  10. Chiang Mai, Thailand
  11. Da Nang, Vietnam
  12. Beijing, China
  13. Kathmandu, Nepal
  14. Jaipur, India
  15. New Delhi, India
  16. Lombok, NTB
  17. Ho Chi Minh City, Vietnam
  18. Hong Kong, China
  19. Krabi Town, Thailand
  20. Pulau Panay, Filipina
  21. Bophut, Thailand
  22. Shanghai, China
  23. Singapura
  24. Seoul, Korea Selatan
  25. Taipei, Taiwan

 

Leave a Reply