Kepala Bappenas, Suharso: Buka Pariwisata Bali Untuk Pemulihan Pariwisata Nasional

“Kepulihan Bali menjadi penting untuk pariwisata nasional dan regional,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa dalam Pabligbagan (dialog) virtual bertema Bali Bangkit, Minggu, 26 Juli 2020.

IHGMA.com – Pemerintah menyatakan pemulihan sektor pariwisata secara nasional dominan bertumpu pada Pulau Bali sehingga jika pariwisata di pulau itu tidak pulih, seluruh destinasi wisata Indonesia terancam stagnan.

Seperti dilansir Infokabinet.id Senin 28/7/2020, Ketua Bappenas mengatakan, menurutnya dua sektor yang memiliki daya ungkit dalam pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi adalah manufaktur dan pariwisata.

Hingga saat ini, Bali masih menjadi jantung pariwisata Indonesia dengan kontribusi sekitar 50% pada sektor pariwisata Tanah Air, menghasilkan devisa hampir US$10 miliar dari total devisa US$18 miliar.

Oleh karena itu, Suharso mendorong kementerian/lembaga untuk menggelar kegiatan nasional atau kegiatan internal di Bali untuk mempercepat pemulihan pariwisata.

Suharso menambahkan Bali memiliki keunggulan dalam pemulihan pariwisata karena didukung infrastruktur hingga kearifan lokal masyarakatnya di antaranya sistem keamanan adat atau Pecalang yang berperan aktif membantu pengawasan untuk menekan penyebaran covid-19.

Akibat pandemi, perekonomian Bali tertekan hingga mencapai di bawah nol pada triwulan pertama tahun ini karena kunjungan pariwisata mengalami kontraksi atau -82,8%.

Bahkan, pada 2-5 Agustus 2020, Menteri PPN dan jajaran akan mengadakan kunjungan kerja ke Bali itu untuk meninjau kelangsungan sejumlah proyek utama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional

Leave a Reply