Konsep Manchise dan Penggunaan Teknologi OYO Hotels

IHGMA.com – Sebagai bagian dari upaya membantu para mitranya meningkatkan okupansi kamar, OYO Hotels yang merupakan startup jaringan hotel asal India mengadopsi model manchise (manajemen dan franchise).

Dalam konsep ini, kualitas, kontrol, dan manajemen dipegang penuh oleh OYO Hotels melalui pengelolaan perhotelan berbasis teknologi.

Menurut Sahabat Lerjo Simbolon selaku Asistant General Manager OYO Indonesia, dengan konsep tersebut semua kamar yang ditangani menerapkan standar yang ditetapkan oleh OYO.

“Dan itu tidak asal-asalan, kemudian tenaganya pun tidak sembarangan. Untuk tim operasional, kami ambil minimum hotel manager bintang tiga,” jelasnya.

Kemudian dari sisi teknologi yang diusung OYO Hotels diklaim bisa mengatasi persoalan operasional hotel.

Lerjo yang akrab disapa Jojo ini menceritakan berbeda dengan kompetitor, konsumen bisa melakukan komunikasi dengan penyedia kamar dengan cepat dan tak berbelit melalui teknologi yang dikembangkan.

Misal Owner App yang memungkinkan pemilik hotel memantau operasional bisnis seperti arus kas, performa bisnis, harga, review pelanggan, dan rekomendasi secara mudah.

OYO mengklaim, aplikasi ini mengurangi 60 persen pertanyaan pemilik hotel terkait operasional. Lalu ada Krypton App atau aplikasi untuk keperluan audit.

Aplikasi ini memungkinkan tim audit OYO mengaudit properti dan menjamin pengalaman tamu sesuai standar.

“Jadi tim operasional memantau langsung kamar-kamar yang bermasalah dan kemudian diinvestigasi langsung untuk segera ditangani masalahnya, sehingga secara kualitas akan terjaga. Semua fasilitas akan terpantau, setiap hari akan dapat informasi tamu komplain, entah itu bad atau good review. Semua benar-benar transparan, tidak seperti hotel konvensional yang hanya ada catatan komplain di selembaran yang rentan manipulatif,” ujar Jojo.

Leave a Reply