Libur Lebaran, Ini 4 Tempat Wisata Pilihan di Sumbar

PADANG, IHGMA.com Para perantau Sumatera Barat berbondong-bondong pulang ke kampung halaman selama masa libur lebaran. Selain berkumpul bersama keluarga, mereka juga mengunjungi tempat wisata yang bertebaran di ranah Minang.
Banyak pilihan lokasi wisata yang bisa dikunjungi pemudik. Hampir di setiap kota punya wisata unggulan tersendiri.
Berikut ulasan beberapa lokasi wisata pilihan yang bisa dinikmati pemudik dalam menghabiskan masa liburan di Sumatera Barat.
1. Wisata Lembah Harau
 

Lembah Harau berada di Kabupaten Limapuluh Kota. Akhir-akhir objek wisata tersebut telah direnovasi untuk menciptakan suasana yang baru.
Lembah Harau terkenal dengan ciri khas tebing tinggi dan air terjunnya. Kini lokasi itu juga menghadirkan tempat bangunan dan area bernuansa Korea.
Di sini juga ada wisata sungai yang membuat pengunjung bisa menaiki perahu sembari bermain air. Bagi pasangan muda-mudi, tempat wisata ini menjadi salah satu tujuan utama.
Di objek wisata ini juga terdapat kereta gantung yang bisa dinaiki pengunjung. Lewat fasilitas ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan lembah yang membentang luas.
Selain Lenbah Harau, di Limapuluh Kota juga ada Flyover Kelok Sembilan. Flyover yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Provinsi Riau ini memiliki desain yang unik. Ini membuat kelok Sembilan juga menjadi lokasi wisata ramai dikunjungi.
2. Jam Gadang Bukittinggi

Kota Bukittinggi yang terkenal dengan Jam Gadang-nya ini, memang sudah tidak asing lagi. Di Sumatera Barat, Jam Gadang merupakan salah satu objek wisata yang sudah terkenal dan jadi ikon daerah.
Di sekitar jam gadang terdapat pusat perbelanjaan yang selalu ramai pengunjung. Jadi selain bisa berfoto dengan latar Jam Gadang, pengunjung juga bisa mengisi waktu liburan dengan berbelanja.
Banyak hal lain yang bisa dilakukan oleh pengunjung di Kota Bukittinggi. Seperti, berwisata ke Lobang Jepang, Kebun Binatang, hingga Lembah Ngarai yang lokasinya tak jauh dari Jam Gadang.
3. Pantai Padang

Kota Padang kini tidak hanya menjadi ibu kota dari Provinsi Sumatera Barat. Kini, wisata di Padang telah hadir beragam tempat wisata menarik. Sebut saja Pantai Padang yang sudah dilengkapi berbagai perbaikan infrastruktur, Pantai Padang kini memiliki pemandangan yang eksotis.
Tidak hanya itu, dengan adanya penataan tempat yang begitu rapi, membuat Pantai Padang kini menjadi lokasi wisata yang tidak akan membuat pengunjung bosan.
Wisatanya tidak hanya orang dewasa, tapi di Pantai Padang juga cocok untuk anak-anak. Sebab ada banyak tempat bermain anak-anak seperti sepatu roda, sepeda, bermain air di pantai, dan banyak hal lainnya bisa dilakukan di Pantai Padang.
Soal jajanannya juga lengkap, mulai dari kerupuk kuah, pensi, langkitang, jagung bakar, kelapa muda segar, dan banyak jenis jajanan lainnya.
Hal itu tidak hanya ditemukan di Pantai Padang. Tapi juga bisa ditemukan di Jembatan Siti Nurbaya, Pantai Air Manis, dan juga ada di jalan baru Nipah kawasan Gunung Padang.
4. Pantai Carocok dan Wisata Mandeh

Setelah menikmati asyiknya berwisata di Kota Padang, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke arah selatan Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Pesisir Selatan.
Di sana ada dua tempat lokasi yang tak kalah menariknya, misalnya Pantai Carocok. Lokasi ini merupakan surganya bermain air di atas laut, karena di Pantai Carocok ini bisa menikmati permainan banana boat, dan banyak hal lain yang bisa dilakukan di kawasan Pantai Carocok.
Namun, bagi yang ingin menyaksikan keindahan alam Pesisir Selatan. Anda bisa meniaki Puncak Langkisau, dimana lokasinya tak jauh dari Pantai Carocok. Di Puncak Langkisau ini pengunjung bisa menyaksikan pemandangan laut dan pulau-pulau kecil.
Begitu juga di kawasan Wisata Mandeh yang berada di daerah Tarusan. Banyak yang menyebutkan Wisata Mandeh sebagai Raja Ampat-nya Sumatera Barat. Kawasan ini dikelilingi pulau-pulau, setidaknya ada 13 pulau di Mandeh.
Untuk menikmati pemandangan itu, pengunjung bisa menempuh perjalan menuju Puncak Mandeh, akses jalannya sangat memadai untuk mencapai puncak tersebut.

Leave a Reply