Lima tipe Salesperson Hotel

IHGMA.com – Selama puluhan tahun berkarir di Sales dan Hotel, aku melihat ada 5 type Sales Hotel:

1. Sales Gembel
2. Sales Diskon
3. Sales Panci
4. Sales Kepo
5. Sales Hero

SALES GEMBEL
Typical Sales seperti ini mendekati customer dengan mengemis bisnis atau lead, biasanya datang ke kantor klien, ketemu klien lalu minta lead dengan kalimat
“Ayo donk bu/pak, bikin event dihotelku, aku masih jauh dari target nih, bapak ku marah2 dan aku bisa dipecat kalau sampai nggak nyampe target”

Sales seperti ini biasanya akan dibenci klien profesional namun bisa berhasil dengan klien yg lebih humanis.

2. SALES DISKON
Typical sales seperti ini biasanya mendekati klien dengan menawarkan harga murah, diskon besar, komisi besar, bahkan sebelum menanyakan ke klien budget mereka berapa.

Contoh sales pitch “Dihotel kami bisa up sd 100%, kalau perlu event fiktif atau bill fiktif juga bisa kami keluarkan”

Sales yang seperti ini akan menjengkelkan bagi klien yang berkelas ataupun berintegritas

3. SALES PANCI
Typical Sales ini termasuk rajin tapi tidak bekerja secara terplanning, mereka akan bekerja keras berkeliling menjajakan produk hotel mereka tanpa melakukan penelitian awal apakah produk atau jasa mereka dibutuhkan oleh calon klien. Mereka akan dengan bangganya bercerita panjang lebar betapa mewah nya hotel mereka, betapa hebatnya failitas ataupun betapa banyaknya meeting room dan resto yang mereka miliki.

Contoh Sales Pitch “Hotel kita lokasinya nempel mall, kamarnya buaanyak type, meeting room kita banyak berbagai size, ballroom kita terbesar sejagat raya, kolam renang kita apalagi, sebesar danau”

Sales seperti ini bisa saja menjual hotel budget ke client premium, menjual hotel premium ke klien kere ataupun menjual hotel di resort kepada klien yg membutuhkan downtown hotel. Mereka tidak peduli atau tidak mau melakukan analisa apa kebutuhan klien sebenarnya.

4. SALES KEPO
Kepo dalam artian positive, typical Sales yang cerdas, biasanya tidak akan bekerja sekeras Sales Panci tapi hasilnya melebihi sales panci karna bekerja secara efektif. Sales seperti ini biasanya melakukan perencanaan Sales Visit, menganalisa history klien, melakukan analisa bisnis dan kebutuhan klien sebelum menemui klien. Sales Kepo selalu “want to know” aja.

Contoh Sales Pitch
“Dari data yang saya punya, tahun lalu ibu/bapak ada mengadakan beberapa event di hotel kami/hotel kompetitor kami, fasilitas yang kami punya cocok sekali dengan kebutuhan event bapak/ibu, apakah event yang sama sudah teragendakan tahun ini, apa yg bisa kami bantu”

Sales type ini cukup disenangi oleh klien karna mereka memahami klien dan kebutuhan klien sehingga sales interview mengalir dengan baik.

5. SALES HERO
This is the best typical of salesman, mereka mempunyai mindset yang positif, mereka memposisikan diri mereka sebagai konsultan yang membantu klien dalam mengambil keputusan bukan sebagai orang yg membutuhkan orang lain. Mereka mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, product knowledge yg baik dan melakukan analisa serta memahami klien dengan baik. Mereka tidak akan terburu buru dalam melakukan closing jika itu membuat tidak nyaman klien mereka, sales seperti ini tahu kapan saat yang tepat to nail it.

Contoh Sales pitch
Berdasarkan informasi yang saya dapat, ibu/bapak berencana melaksanakan workshop penting yang melibatkan partisipan yang cukup banyak, saya menawarkan hotel kami karna hotel kami cocok sekali untuk typical workshop seperti ini. Akses kehotel kami memudahkan semua partisipant untuk hadir diacara ini, begitu juga lokasi hotel yang tenang tentunya akan menjaga fokus para peserta etc.

Typical Sales seperti ini sangat disenangi oleh para klien karna mereka cenderung mempunyai ketenangan, firm, informatif dan helpful kepada para klien, mereka mempunyai kecenderungan sangat attentive kepada klien mereka.

Demikian beberap type salesperson dihotel, saya tidak masukkan kategori “Sales Broker/Makelar yang senang jualan leads, Sales Mall yang kalau salescall nyangkut di mall” karna mereka tidak dapat dikategorikan salesperson.

Type salesperson yang bagaimanakah kamu? Apakah ada type sales lain menurut kamu?

Penulis: Bustamar Koto

Leave a Reply