Masa Depan Dunia Hotel Usai Corona: Bye-bye Buffet & Mini Bar

New York, Ihgma.com – Dunia perhotelan di masa depan setelah wabah Corona diprediksi tak akan lagi sama. Layanan mini bar dan makanan buffet akan dihilangkan dari hotel.

Rudy Tauscher, General Manajer Hotel Four Seasons di New York menyebut masa depan dunia perhotelan tidak akan lagi sama, meski wabah virus Corona telah usai. Pihak hotel akan mengetes sebuah skenario yang disebutnya sebagai ‘New Normal’.

Hotel tempat Rudy bekerja akan melakukan beberapa langkah guna mengurangi kontak sosial antar para tamu. Salah satu caranya adalah mengurangi berbagai fasilitas yang biasanya kita temui di kamar hotel.

“Kami sudah menghilangkan minibar, hanger baju, seprai ekstra. Kami juga mengeluarkan bantal ekstra, jadi cuma ada 4 bantal di kamar, alih-alih 6,” kata Rudy seperti dikutip detikTravel dari media NBC, Senin (27/4/2020).

Room service dan juga makanan buffet juga terancam hilang setelah pandemi virus Corona usai. Padahal layanan tersebut merupakan andalan dari pihak hotel untuk menjamu tamu.

“Saya rasa aman untuk mengatakan sarapan buffet dan meja komunal adalah hal yang sudah jadi tradisi di banyak hotel akan hilang, tidak ada yang tahu untuk berapa lama,” imbuh Rudy.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Hotel Turki, Muberra Eresin menjelaskan bahwa sarapan buffet tidak akan jadi opsi bagi pihak hotel di masa depan.

“Sangat sulit untuk memprediksikan apa yang akan berubah setelah pandemi Corona dan perubahan apa yang bersifat permanen, tapi saya rasa buffet tidak akan jadi opsi,” kata Eresin kepada media Turki.

Di kesempatan terpisah, Javier Perez Jimenez, Managing Director jaringan hotel VP, menegaskan social distancing akan tetap dilakukan. Hotelnya bahkan akan didesain ulang sehingga ruang komunalnya akan tetap berfungsi agar para tamu bisa social distancing.

Ruang-ruang komunal hotel seperti kolam renang dan gym nampaknya akan lebih sering dibersihkan dengan disinfektan setelah Corona usai. Kebijakan ini juga akan makin digalakkan usai wabah berakhir.(detik)

Leave a Reply