Paket Wisata Raja Ampat Papua, Pesona Alam Bahari yang Bikin Takjub

IHGMA.com – Raja Ampat seperti menjadi paket pesona bahari lengkap yang ada di Indonesia. Tak heran, paket wisata Raja Ampat Papua selalu ramai diperbincangkan baik oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Bagaimana tidak, paket wisata Raja Ampat Papua memang menyuguhkan alam yang menakjubkan. Mulai dari birunya air laut, gugusan pulau karang di tengah laut, hard coral yang tumbuh melebihi batas air, hingga gua bawah laut.

Seluruh isi pesona bahari inilah yang membuat pengunjung selalu kagum dengan keindahan paket wisata Raja Ampat Papua. Nah, untuk menuju Raja Ampat kamu perlu melakukan perjalan panjang.

Mulai dari perjalanan udara, laut, hingga darat. Walaupun perlu menempuh perjalanan cukup jauh, kamu akan dibuat terkagum-kagum ketika tiba di kawasan Raja Ampat. Buat kamu yang ingin berencana ke Raja Ampat, kamu perlu mengetahui beberapa paket wisata Raja Ampat Papua.

Paket wisata Raja Ampat Papua ini merupakan kawasan yang masih termasuk ke dalam gugusan Raja Ampat dengan keindahan pulau-pulau kecil dan besar. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya, Selasa (15/10/2019).2 dari 6 halaman


Raja Ampat

Paket Wisata Raja Ampat Papua
Pesona Raja Ampat yang selalu memikat.

Paket wisata Raja Ampat Papua yang pertama adalah Raja Ampat itu sendiri. Pesona keindahan Raja Ampat memang sudah cukup populer di kalangan pelancong, baik yang datang dari Indonesia maupun mancanegara. Raja Ampat merupakan daerah yang terdiri dari gugus-gugus pulau kecil dan besar yang terbentang sangat elok dengan keindahannya.

Kawasan Raja Ampat ini terdiri dari empat pulau besar, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Wayag, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Selain gugusan pulaunya yang indah, Raja Ampat juga memiliki ragam kekayaan biota laut yang bisa kamu nikmati dengan menyelam. Selama menyelam, kamu akan ditemani sekitar 1.511 jenis ikan dan penyu laut.

Waktu terbaik untuk menyelam di sini adalah pada bulan Oktober dan November. Pada bulan-bulan ini cuaca sedang bagus dan air sangat jernih, sehingga jarak pandang saat menyelam sangat ideal.

Buat kamu yang tak ingin menyelam, kamu bisa menikmati keindahan Raja Ampat dengan cara lainnya. Kamu bisa melakukan trekking di setiap pulau-pulau yang ada. Tak perlu takut tersesat, karena kamu bisa menggunakan jasa pemandu. Pemandu yang ada di tempat wisata ini merupakan warga setempat yang sehari-harinya berprofesi sebagai nelayan.


Pulau Waigeo

Paket Wisata Raja Ampat Papua
Karang berbentuk pensil raksasa atau disebut sebagai Batu Pensil yang berada di Teluk Kabui, wilayah Raja Ampat, Papua. (KabarPapua.co/Syahriah)

Paket wisata Raja Ampat Papua selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Stasiun Pencucian Pari Manta di Waigeo. Tempat wisata ini memiliki keunikannya tersendiri, maka tak heran tempat wisata yang satu ini tidak pernah luput dari paket wisata Raja Ampat Papua.

Stasiun Pencucian Pari Manta merupakan tempat ikan Pari Manta menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan diri. Uniknya, ikan Pari Manta ini tidak membersihkan dirinya sendiri. Melainkan dibantu dengan ikan-ikan kecil.

Ikan-ikan kecil ini bertugas untuk menghilangkan parasit atau luka yang ada di tubuh ikan Pari Manta.


Kepulauan Wayag

Paket Wisata Raja Ampat Papua
Kepulauan Wayag, Raja Ampat, Papua. | via: wowshack.com

Untuk menikmati Raja Ampat Papua, kamu bisa mengunjungi pulau-pulau kecil dan besar di sekitarnya. Salah satunya adalah Kepulauan Wayag. Paket wisata Raja Ampat Papua ini terletak di Waigeo Barat.

Berkunjung ke sini kamu akan mendapatkan paket keindahan utama yang ditawarkan Raja Ampat. Kepulauan ini terdiri dari gugusan pulau-pulau karang kecil yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Ketika mengarungi kepulauan ini dengan kapal, kamu akan dibuat terpesona dengan warna biru kehijauan air lautnya, serta terumbu karang dan biota-biota laut yang terlihat jelas di bawah air. Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat melakukan paket wisata Raja Ampat Papua ini adalah Pulau Karang.

Lewat puncak Pulau Karang, kamu akan melihat keindahan Kepulauan Wayag dari ketinggian. Namun, untuk mencapai puncak Pulau Karang, kamu harus mempersiapkan stamina dan fisik yang kuat. Pasalnya, rute pendakian ke puncak memiliki kemiringan hampir 90 derajat.


Pulau Misool

Paket Wisata Raja Ampat Papua
Jika ditelusuri lebih jauh, Ternyata Raja Ampat memiliki beragam pesona keindahan alam yang hampir belum terjamah manusia, salah satunya Love Lagoon (Sumber foto: soulofjakarta.com)

Pulau Misool merupakan salah satu dari empat pulau besar yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Pulau Misool sendiri terbagi menjadi empat bagian, yaitu Misool Timur, Misool Selatan, Misool Barat, dan Misool Utara.

Paket wisata Raja Ampat Papua ini juga termasuk ke daerah segitua karang dunia. Maka tak heran kalau di sini banyak ditemui ikan-ikan yang cantik dan ramai dikunjungi wisatawan untuk berburu pemandangan dasar laut.

Tempat-tempat yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Misool adalah Puncak Harfat. Puncak ini sangat terkenal dengan pemandangan yang sangat indah. Tak jauh dari Puncak Harfat, terdapat tempat yang cukup indah, yaitu Puncak Love. Dari atas puncak ini, kamu bisa melihat laguna berbentuk hati.

Selain wisata alamnya yang memesona, kamu juga bisa berwisata sejarah berupa dinding batu karang yang terdapat cap tangan yang diperkirakan berusia 50 ribu tahun dan memiliki rangkaian petunjuk jalur penyebaran manusia di Nusantara.6 dari 6 halaman


Pulau Salawati

Paket Wisata Raja Ampat Papua
Kepulauan Gurici, salah satu spot menyelam di Halmahera Selatan yang menjadi tempat favorit untuk menemui Manta. (dok. Dinas Pariwisata Halmahera Selatan/Dinny Mutiah)

Pulau Salawati juga memiliki paket keindahan yang tak kalah dengan Pulau Misool dan Kepulauan Wayag. Perairan di sekitar Pulau Salawati merupakan saksi sejarah dari Perang Dunia II.

Di sini juga terdapat banyak potongan bangkai kapal laut dan bangkai pesawat, seperti Kapal Shinwa Maru dan Pesawat P40. Walaupun dikenal menyeramkan, saat ini benda-benda tersebut justru memberikan sebuah pemandangan yang indah.

Hal ini dikarenakan bangkai kapal dan pesawat yang tenggelam tersebut menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan dan terumbu karang. Selain sarat dengan nilai sejarah, pulau ini juga dikenal memiliki adat istiadat yang kental.

Ada Tarian Wor merupakan salah satu tarian yang selalu menjadi penyambut para pengunjung yang datang. Ramahnya masyarakat setempat membuat pengunjung betah berada di tempat wisata Raja Ampat ini.(lip6)

Leave a Reply