Pariwisata Sebagai Industry lifestyle

Pariwisata merupakan satu satunya industri yang akan mampu menghantarkan Indonesia mencapai puncak kejayaan. Sebab melalui Pariwisata indonesia telah membuktikan mampu bersaing secara global. Hali ini dibuktikan dengan semakin moncernya posisi Country Branding Indonesia Yaitu Wonderful Indonesia mampu menjuarai berbagai event International. Hal ini juga mampu mendongkrak global competitiveness Indexs posisi Indonesia di posisi 36 dari posisi 41 dunia dengan score 4.68. Pemerintah melalui Presiden Jokowi juga sudah mencanangkan Pariwisata sebagai core business Indonesia dengan berbagai Competitive Advantage yang dimiliki Pariwisata Indonesia. Target 20 juta wisatawan sampai tahun 2019 merupakan target yang realistis mengingat product pariwisata Indonesia memiliki keunggulan baik comparative advantage maupun competitive advantage yang jauh melebih negara lainnya di Dunia. Untuk mewujudkan semua itu diperlukan SDM Pariwisata yang Berkwalitas dan mampu bersaing secara global.

IHGMA melalui Program Dosen Vokasi Be kerjasama dengan Kementrian Pariwisata Bidang SDM dan BNSP ingin ikut memberikan sumbangsih peningkatan kwalitas SDM Pariwisata dengan menjadi Dosen Vokasi di seluruh Perguruan tinggi Pariwisata dan SMK se Indonesia melalui Program Rekognisi Pembelajaran Lampau ( RPL ). Dengan Program ini di harapan mampu mencetak tenaga tenaga yang professional yang siap diserap oleh Industri pariwisata. Disamping Program ini IHGMA juga bekerjasama dengan institusi lainnya dalam rangka untuk Meningkatkan Skill competency Para General Manager Indonesia seperti American Hotel & Lodging Education Institute untuk Program Certified Hotel Administrators ( CHA ) dan Certified Hospitality Educators ( CHE ).

Dilihat dari empat kriteria untuk Pengembangan destinasi pariwisata, menurut Cooper 1996, harus memenuhi:
1. Accessibility – Akses Ke Destinasi Wisata
2. Attraction – Atraksi Wisata
3. Amenities – Fasilities
4. Ancillary – Pengelolan / Manajemen
Semua aspek tersebut sudah sangat di penuhi oleh semua destinasi baru yang ada di Indonesia. Demikian pula dilihat dari aspek 4H :
1. History
2. Heritage
3. Habitat
4. Handicraft
Indonesia juga sudah sangat layak untuk dikembangkan menjadi destinasi unggulan yang mampu bersaing secara global.

Seiring perkembangan Ilmu dan Technology kedepan Industri pariwisata juga akan semakin dibutuhkan oleh semua orang Karena sudah merupakan lifestyle dan satu satu nya Industri yang mampu menghantarkan Indonesia ke Puncak keemasannya. Jayalah Pariwisata Indonesia ✊✊✊

I Made Ramia Adnyana, SE, MM, CHA
Wakil Ketua Umum 1 DPP IHGMA

Leave a Reply