Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Selesai Juli 2021

Ilustrasi Sirkuit Mandalika

ihgma.com – Pembangunan infrastruktur di Kawasan Mandalika, Nusa Tenggara dijadwalkan selesai pada Juli 2021. Rampungnya pembuatan sirkuit dan penunjang lainnya itu menandakan Mandalika sudah siap menggelar perhelatan balap motor internasional MotoGP pada Oktober 2021 mendatang.

“MotoGP di Mandalika sudah siap, memang kelihatannya banyak yang harus dikerjakan, namun kami yakin Juli 2021 sirkuit Mandalika bersama fasilitas penunjangnya akan siap. Mudah-mudahan perhelatan ini pada Oktober 2021 bisa diselenggarakan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono pada Rabu (20/1) lalu.

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadimulyono mengatakan, setiap pembangunan infrastruktur sirkuit MotoGP di Mandalika mendapat perhatian khusus.

“Kalau Mandalika saya monitor secara detail. Kalau yang sirkuitnya dikerjakan oleh PT PP (persero) dan di luarnya seperti jalan dari Bandara (Zainuddin Abdul Madjid)-Mandalika kita akan selesaikan semua sebelum Juli. Sebelum second visit dari Dorna Sport (Organisasi penyelenggaraan balapan MotoGp), Insha Allah sudah selesai,” ujar Basuki seperti dilansir Kabartravel Jumat (22/1).

Dalam pertemuan dua menteri tersebut juga membahas tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo tentang pembangunan infrastruktur di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP), Danau Toba, Mandalika, Borobudur, Labuan Bajo dan Likupang.

Menurut Sandiaga, pembangunan infrastruktur du 5 DSP sudah sesuai rencana dan dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin dan ketat. “All progress on the track. Sehingga saat infratruktur terbangun ekonomi masyarakat bisa menggeliat kembali.” Kata Sandi.

Lebih lanjut, Menteri Basuki menjelaskan secara umum progres pengembangan 5 DSP lainnya. Ditargetkan pada pertengahan tahun ini pembangunannya sudah selesai.

“Progres pengembangan destinasi lain sebetulnya Desember 2020 diharuskan sudah selesai. Namun lantaran ada rescoping (pengurangan item pekerjaan) kemudian ada pandemi, kita harap pertengahan tahun ini selesai di Labuan Bajo, Likupang, Toba dan Borobudur,” katanya.

Leave a Reply