Pemprov Sumbar dan IHGMA Kerjasama Gelar PCR SWAB TEST kepada Pekerja Hotel

Padang, Ihgma.com – Setelah berhasil melandaikan grafik kasus positif dengan persentase kesembuhan tertinggi Nasional hingga 83%, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menegaskan komitmennya dalam mengendalikan penyebaran covid-19 dengan memfasilitasi Tes SWAB kepada para pekerja hotel yang bekerjasama dengan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Sumatera Barat.

“Kerja sama juga dengan Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas,” ujar Ketua IHGMA Sumatra Barat, Soedjoko di Padang.

Upaya ini dilakukan untuk kembali menggiatkan sektor pariwisata Sumatera Barat yang sempat terganggu oleh pandemi covid-19 beberapa bulan terakhir.

Ia mengatakan pelaksanaan Tes SWAB terhadap pekerja hotel ini diharapkan dapat menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang datang menginap, sehingga semua pihak dapat merasakan manfaat dan sektor pariwisata bisa produktif kembali.

Gubernur Sumatera Barat (Irwan Prayitno) didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Novrial) melakukan peninjauan pelaksanaan Tes SWAB pekerja hotel di Pangeran Beach Hotel Padang, Senin (29 Juni 2020).

Secara keseluruhan, Tes SWAB ini direncanakan untuk diberikan kepada 1.073 pekerja dari 23 Hotel yang ada di Kota Padang secara bertahap dalam 3 sesi selama 3 hari.

Soedjoko menyampaikan bahwa saat ini persentase tingkat hunian hotel mulai menunjukkan trend positif sekitar 20-25% jika dibandingkan dengan beberapa bulan terakhir yang stagnan di angka 12-15%.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Novrial) mengungkap bahwa progress yang dicapai Sumbar saat ini merupakan kondisi yang patut disyukuri karena masa pemulihan datang lebih cepat daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Untuk itu, seluruh stakeholder perlu mengambil langkah-langkah strategis seperti ini agar tatanan normal baru produktif dan aman covid di Sumatera Barat tetap berjalan dengan baik dan membuahkan hasil sesuai dengan yang  diharapkan.

Syafri Ario

Leave a Reply