Pertemuan Konsolidasi IHGMA Chapter Bali Dengan Dewan Penasehat DPP IHGMA

Foto: pertemuan DPP IHGMA Ramia foto belakang sebelah kanan, Nyoman Astama Ketua DPD IHGMA Bali foto depan sebelah kanan, Kahar SALAMUN Dewan Penasehat DPP IHGMA Foto belakang sebelah kiri, Gusde Dewan penasehat foto depan sebelah kiri)

IHGMA.com – Pada hari Rabu tanggal 9 september 2020, Wakil Ketua Umum Dr. (C) I Made Ramia Adnyana, SE, MM, CHA (DPP IHGMA) dan Ketua DPD IHGMA Bali I Nyoman Astama, SE, M, CHA menyelenggarakan pertemuan konsolidasi dengan semua Dewan penasehat DPP IHGMA diwakili Dr. Gusti Kade Sutawa SE.,MM.,MBA (Gusde) dan Kahar SALAMUN di Sovereign Hotel Tuban  sementara Drs Ismoyo S. Soemarlan M.Par tidak bisa hadir karena masih berada di Jogyakarta.

Pertemuan ini digagas oleh Wakil ketua umum DPP IHGMA Ramia Adnyana dan Ketua DPD IHGMA Bali Astama untuk membicarakan mekanisme pemilihan ketua baru untuk periode 2020 – 2023 di acara Musyawarah Daerah pertama pada tanggal 2 Oktober 2020 di Prama Hotel Sanur (MUSDA).

Pembicaraan membahas persyaratan bakal calon ketua yang dikeluarkan oleh Panitia Musda pertama DPD IHGMA Bali dan Surat  Panduan & rekomendasi Musda DPD IHGMA dengan nomer 002/VIII/2020/SH-DPP/DPP IHGMA yang dikeluarkan pada tanggal 1 September 2020 ditanda tangani oleh sekjen DPP IHGMA Bustamar Koto dan Ketua Umum DPP IHGMA Arya Pering.

“Terkait tentang surat himbauan dari DPP IHGMA, saya sudah mempelajarinya secara seksama dan melakukan komunikasi langsung dengan Ketua Umum DPP mengenai poin per poin yang menjadi himbauan. Dapat saya sampaikan bahwasanya kita mempunyai pemahaman yang sama bahwa apa yang sudah dan sedang kita jalankan menyadur dari AD/ART pemilihan Ketua Umum DPP yang dapat disesuaikan dengan mekanisme pemilihan Ketua DPD IHGMA Bali”, Menurut keterangan Ketua Musda Putu Eka Pertama, SE, Ak.CA, MM., GM The ONE Legian dalam pernyataannya.

Eka Pertama menambahkan Selaku Ketua Panitia MUSDA I DPD IHGMA Bali 2020, mengacu pada AD/ART IHGMA BAB VII Pasal 3,  saya akan segera berkoordinasi secara langsung dengan Dewan Penasehat IHGMA yaitu Bapak Kahar Salamun, Dr Gusti Kade Astawa, & Bapak Ismoyo untuk mendiskusikan hal hal yang belum diatur di dalam tata tertib ini.

Wakil Ketua Umum IHGMA Ramia menyatakan sebenarnya mekanisme Musda   belum di atur dalam AD/ ART oleh karena itu ada tambahan surat DPP IHGMA terkait pelaksanaan Musda se Indonesia sebagai panduan dan acuannya.

Pertemuan tersebut juga membetuk team untuk Fit & Proper Test yang terdiri semua dewan penasehat dan Wakil ketua DPP IHGMA dan Ketua IHGMA DPD bali,

Mereka saat acara Fit & propert Test akan menggali pakta integritas dan menanyakan banyak hal kepada bakal calon ketua IHGMA Chapter Bali.

Hasil pertemuan tersebut menghasilkan 7 rekomendasi antara lain:

  1. DPP memberi arahan agar IHGMA kembali ke CORE sesuai Visi dan Misi
  2. Surat Rekomendasi dari Owner ( Mandatory )
  3. Track Record Organisasi Para Calon Ketua
  4. Masih menjabat sebagai GM aktif yang di tunjukkan dengan surat atau contract kerja dari perusahaan
  5. Melanjutkan Program program yang sudah bagus dan meningkatkan kwalitas program kedepan
  6. Fokus kepada program untuk meningkatkan skill competency GM Lokal untuk menaikkan image IHGMA dimata para owner
  7. Siap menjalankan tugas untuk melakukan FIT & Proper Test Bagi Calon Ketua

Kahar Salamun salah satu Dewan Penasehat DPP IHGMA dalam pernyataannya lewat sambungan telpon Rabu 9/9 mengatakan bahwa regenerasi dalam sebuah organisasi menjadi sebuah keharusan. Siapapun yang akan memimpin nantinya harus memperjuangkan visi dan misi yang dari awal dikumandangkan sebelum terbentuk IHGMA yaitu menaikan derajat GM lokal untuk bisa bersaing dan sejajar dengan general manager luar negeri, kita harus menjadi tuan rumah di negara sendiri.

Foto : Kahar SALAMUN Dewan Penasehat DPP IHGMA

Tidak ada Tarik menarik kepentingan pribadi dan golongan di asosiasi IHGMA ini tetapi semuanya kita lakukan untuk kepentingan Bersama dengan satu tujuan mencapai goal kita, ujarnya.

Gusde Dewan Penasehat DPP  IHGMA memberikan nasehat kalua IHGMA  harus kembali ke core sesuai visi dan misinya untuk meningkatkan kualitas SDM perhotelan agar bisa bersaing di tingkat lokal,nasional bahkan internasional.

Harapan Gusde Dewan Penasehat DPP IHGMA  pemilihan kali ini harus jurdil,one man one vote sehingga akan terpilih ketua yg menjadi aspirasi mayoritas anggota dan masa depan IHGMA ada ditangan anggota ,dengan memilih yg terbaik jadi ketua nantinya.

Foto : Dr. Gusti Kade Sutawa SE.,MM.,MBA Dewan Penasehat DPP IHGMA

Dan harapan Ismoyo Dewan Penasehat IHGMA lainnya mengatakan  siapapun yang akan terpilih nanti dan memimpin 3 tahun kedepan harus punya waktu banyak buat organisasi disamping pekerjaannya sebagai GM dan tentu saja capable.

Foto : Drs Ismoyo S. Soemarlan M.Par Dewan Penasehat DPP IHGMA

“Yang penting acara Musda pertama di Chapter Bali ini  harus transparan  dan accountable dan dalam memilih candidat bisa dilihat dari track record, jejak digital, keaktifan dalam organisasi (partisipasi & kontribusi terhadap IHGMA) serta visi misi kedepan dan program Unggulan Ujar Ramia Wakil ketua Umum IHGMA. (ph)

Leave a Reply