PHRI: Akomodasi di Danau Toba Aman

YOGYAKARTA, IHGMA.com – Jika Anda hendak berwisata ke Danau Toba, tenang saja dengan urusan akomodasi.

Pasalnya, di area tempat wisata unggulan Sumatera Utara (Sumut) tersebut tersedia banyak penginapan yang bisa Anda tempati dengan aman dan nyaman.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris BPD Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI) Sumatera Utara Dewi Juita Purba ketika ditemui Bisnis dalam acara misi penjualan destinasi pariwisata Danau Toba di Yogyakarta, Jumat (7/9/2018).

“Masalah akomodasi tidak ada masalah. Banyak juga fasilitas-fasilitas hotel yang sangat nyaman. Saat ini sudah ada hotel berbintang empat. Jumlah hotel berbintang sekitar 20-an dan guest house atau homestay mencapai 300-an jumlahnya,” ujarnya dikutip dari bisnis.com.

Dewi menjelaskan bahwa hotel-hotel yang melayani para wisatawan Danau Toba juga memiliki keunikan dengan menawarkan pengalaman-pengalaman baru.

Ada hotel yang menawarkan flying fox terpanjang di Sumatera. Ada pula hotel yang memiliki restoran terapung yang menawarkan kepada wisatawan sensasi makan di atas air.

“Tidak perlu khawatir masalah hotel. Banyak sekali hotel baru yang bermunculan,” tuturnya.

Untuk harganya, Dewi menjelaskan sangat beragam dan terjangkau. Harga biasa berkisar antara Rp500.000—Rp600.000 per malam di hotel berbintang. Namun, bagi para traveller yang mencari harga murah, ada pula homestay yang memiliki harga jasa penginapan hanya Rp50.000 per malam.

Ketika ditanyai tentang promosi Danau Toba di Yogyakarta, Dewi menuturkan bahwa lantaran Yogyakarta merupakan salah satu pintu wisatawan ke Indonesia.

“Kalau mau dapat wisatawan, yang dilakukan adalah mendekat dulu ke masyarakat yang merupakan pintu karena mereka duta-duta kita untuk menceritakan kepada para wisatawan di daerahnya,” jelasnya.

Selain itu, faktor lainnya adalah tersedianya penerbangan langsung (direct flight) dari Yogyakarta ke Bandara Internasional Silangit yang dilayani oleh 3 maskapai, yakni Garuda Indonesia, Lion Air, dan Wings. Ke depan, misi penjualan destinasi pariwisata Danau Toba akan dilakukan di daerah-daerah lain yang tersedia penerbangan langsung.

Leave a Reply