PHRI Maluku: Minim Pendapatan, Hotel Jual Makanan Online

Ambon, Ihgma.com – Dampak pandemi Covid 19 ternyata berimbas pada semua sektor usaha, termasuk sektor pariwisata pada bidang perhotelan di Maluku.   

General Manager Manise Hotel Ambon, Theny Barlola kepada Gatra.com di Ambon, Rabu (6/5/2020), menyebutkan guna menambah pendapatan hotel yang makin minim, maka restoran pada beberapa hotel di Maluku  melakukan penjualan makanan secara online.   

Menurut Theny yang juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maluku ini, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya pihak hotel agar dapat bertahan dalam kondisi Covid-19.   

“Jadi, kita delivery. Kita tawarkan menu secara online, dan jika ada yang pesan, maka kita akan langsung mengantarkan tanpa ongkos kirim,” terangnya.    

Menurut Theny, bahan baku perhotelan dan restoran adalah tamu atau pengunjung. Namun, dalam kondisi ini tamu atau pengunjung hampir tidak pernah berdatangan, sehingga pemasukan bagi hotel juga tidak ada.   

Terhadap hal ini, PHRI Maluku sudah mencoba untuk menyampaikan kendala yang dihadapi di Kota Ambon maupun di semua kabupaten kota yang ada, kepada pemerintah daerah, namun hingga kini belum ada respon dari pemerintah terkait kendala tersebut  

“Saya berharap, ada stimulus dari pemerintah untuk sektor perhotelan,” pungkas Theny. (gatra)


Leave a Reply