Rumah Sakit Penuh, Ketua DPRD Minta DKI Pakai Hotel buat Isolasi Pasien Covid-19

Ilustrasi room atendant saat membersihkan kamar hotel Foto: Dok. Kemenparekraf

ihgma.com – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mendesak Pemprov DKI Jakarta mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 dengan menambah ruang isolasi dan ICU rumah sakityang sudah penuh.

“Sekarang kita harus punya satu terobosan, yaitu fasilitas hotel yang sekarang banyak sekali enggak bisa operasional, yang nganggur akibat covid-19 ini difungsikan,” kata Prasetio di Balai Kota DKI, Senin, 18 Januari 2021.

Melansir Tempo Selasa (19/1), menurut dia, pemanfaatan hotel sebagai ruang isolasi selain membantu menambah fasilitas kesehatan yang sudah penuh juga bisa membantu ekonomi. Sebab, selama pandemi banyak hotel yang kehilangan tamunya.

“Mereka bisa menerima kok dan membantu ekonomi juga,” ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan penularan Covid-19 sudah sangat tinggi di Ibu Kota, imbas libur panjang akhir tahun kemarin. Lonjakan hingga tiga ribu kasus dalam sehari menyebabkan fasilitas kesehatan di DKI telah kritis.

Menurut Ketua DPRD DKI, banyak pasien Covid-19 dari luar Ibu Kota meminta rujukan ke rumah sakit di DKI. “Daerah penyangga semua minta ke Jakarta. Saya mengecek Wisma Atlet sampai penuh saat ini,” ujarnya.

Leave a Reply