Sambut Asian Games, Hotel Siap Lengkapi Fasilitas dan Event-Promo

JAKARTA, IHGMA.com – Asian Games bakal berlangsung Agustus 2018 nanti. Di saat ini jasa akomodasi seperti hotel tentu sangat dibutuhkan sebagai tempat menginap. Kondisi ini menguntungkan bagi hotel, sehingga berlomba berbenah dan gaet tamu Asian Games.

MAYORITAS hotel berbintang di Metropolis saat ini memang sudah melakukan berbagai persiapan menyonsong Asian Games 2018 mulai dari fasilitas, rencana event, maupun desain Asian Games di loby-loby hotel. Di hotel The Zuri Palembang juga demikian, walaupun saat ini pihaknya belum men-desain semarak Asian Games.

Marketing Officer Dama Satriand mengatakan saat ini pihaknya fokus pengerjaan beberapa lantai dan fasilitas. “Ini terus kami kebut dan kami lengkapi agar bisa mencukupi kebutuhan akomodasi para atlet dan wisatawan selama perhelatan olahraga akbar negara-negara se-Asia ini,” terangnya. Dikatakan pihaknya sendiri siapkan sekitar 214 kamar.

“Untuk beberapa fasilitas seperti skygym, skypool, dan skylounge saat ini telah dibuka. Ini juga komitmen manajemen untuk menyiapkan tempat bersantai bagi para tamu Asian Games,” bebernya. Tak hanya itu, pengamanan hotel juga nanti diperketat apalagi akan banyak tamu dari luar kota maupun mancanegara datang seperti dikutip dari sumeks.co.id.

Saat ini dia menyebut, beberapa kamar sudah dipesan ofisial dan atlit dari beberapa wisatawan Eropa khusus untuk melihat kesiapan Palembang sebagai tuan rumah. Untuk reservasi saat kegiatan nanti beberapa negara Asia Tenggara dan Australia. “Saat ini kami masih mengandalkan promo dan khusus untuk Asian Games harga akan disesuaikan. Target kami occupancy bisa tembus di atas 70 persen,” pungkasnya.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Aspiudin menjelaskan walaupun Asian Games belum dilaksanakan, tapi peningkatan bisnis hotel dan restoran saat ini mulai terjadi di Metropolis. Tak heran jika saat ini pun sumbangan PAD (pendapatan asli daerah) Kota Palembang dari pajak hotel dan restoran ini sudah plus Rp1 miliar.

“Pelaksanaan Asian Games memang membawa dampak positif bagi bisnis hotel dan restoran, meskipun belum digelar pun kini sudah banyak wisatawan yang berdatangan untuk persiapan event tersebut,” ujarnya. Mereka kemudian banyak menginap dan memanfaatkan fasilitas hotel seperti meeting dan lainnya.

Jadi, walaupun tak melibatkan PHRI secara langsung, Inasgoc juga sudah melakukan kerjasama dengan beberapa hotel di Palembang untuk tamu di luar atlet. “Pengaruhnya sudah terasa saat ini. Ini akan lebih tinggi lagi saat pelaksanaan yang dipastikan akan mencapai 100 persen occupancy-nya,” cetusnya.

Terkait kapasitas kamar yang ada di hotel-hotel Palembang untuk Asian Games, pihaknya menyiapkan tak kurang dari 10 ribu kamar. “Itu lebih dari cukup, karena pengalaman di Asean Games dan Sea Games, yang saat itu baru ada 5 ribu kamar juga cukup menampung tamu yang datang ke Palembang,” jelasnya.

Ini juga untuk atlet sudah disediakan wisma atlet yang memiliki daya tampung sekitar 3.200 kamar. Belum ditambah dengan apartemen, kosan, penginapan, dan lainnya. “Total untuk kamar yang tersedia temasuk hotel hingga wisma atlet akan mencapai 25 ribu, artinya akan lebih dari cukup,” paparnya

Leave a Reply