Sedati Kembangkan Wisata Sisir Sungai

IHGMA.com – Banjarkemuning punya potensi pesisir yang melimpah. Selain penghasil kerang, desa yang berada di Kecamatan Sedati itu memiliki dermaga berwarna-warni. Tempat tersebut cocok untuk bersantai. Bahkan berswafoto.

Misalnya yang terlihat kemarin (29/8). Linda Ayu bersama Desy Ratna mengunjungi dermaga tersebut. Keduanya mengambil foto dengan latar belakang sungai yang dikelilingi hutan bakau. ”Bagus, Mas. Bisa untuk pre wedding di sini,” tutur Linda.

Menurut Linda, dermaga semakin indah dengan spot foto berbentuk hati. Uniknya, spot itu terbuat dari gelas daur ulang. Namanya Dermaga Cinta. ”Ini hasil karya mahasiswa KKN (kuliah kerja nyata, Red) Unusida bulan lalu,” tutur Sekretaris Desa Banjarkemuning Aminin.

Dia mengatakan, dermaga itu digunakan oleh para nelayan untuk berlabuh setelah mencari kerang dan ikan. Kawasan tersebut sangat sejuk karena dikelilingi tambak dan hutan bakau. Karena kawasan itu jarang disentuh, para mahasiswa tersebut mengembangkan potensinya.

Ke depan, papar Aminin, pihaknya berupaya menjadikan desa tersebut sebagai jujukan wisata sisir sungai. Pengunjung tidak hanya mengambil foto. Mereka juga dapat menyisir sungai sambil melihat tumbuhan bakau. ”Konsep wisatanya berpadu dengan Desa Tambakcemandi dan Gisikcemandi,” terang dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Sedati Abu Dardak melanjutkan, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Sedati berencana menjadikan lima desa sebagai tempat wisata pesisir yang terintegrasi. Selain sisir sungai, ada edukasi mangrove hingga beragam olahan ikan.

Dardak mengatakan, pihaknya telah melakukan uji coba sisir sungai. Dia bersama TPID menyusuri aliran mulai Tambakcemandi, Gisikcemandi, lalu berakhir di Banjarkemuning. Mereka menggunakan kapal nelayan. ”Konsep wisata itu muncul karena ada kemiripan. Yakni, berada di wilayah pesisir,” ucapnya. (jawapos)

Leave a Reply