SMK N 1 Pontianak bekerjasama dengan IHGMA mengimplementasikan One GM One SMK

PONTIANAK, IHGMA.com – SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri 1 Pontianak berinisiatif dan bekerjasama IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Association) hadir untuk mengimplementasikan program One GM One SMK.

Hal itu dikatakan oleh Ketua SMK Pariwisata, Hadi Sutrisno, yang juga menjadi pemateri pada acara launching Implementation Training One GM One SMK Program, yang digelar oleh SMK Negeri 1 Pontianak, di Ruang Media Sekolah SMK 1 Negeri Pontianak, pada Selasa (12/11/2019) pagi.

“Acara ini terus terang sangat bagus sekali, jadi ini adalah implementasi program One GM One SMK yang pertama kali dilakukan di Kalbar setelah dilaunching oleh Gubernur Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Dikatakannya, program ini adalah program kolaborasi antara dunia pendidikan dengan dunia industri.

“Dan dalam beberapa waktu kita akan ada harmonisasi kurikulum, singkronisasi kurikulum, sehingga standar yang ada di SMK, itu minimal standar yang ada di industri,” jelasnya.

Lebih lanjutnya ia mengatakan, standar saat ini sangat berbeda sekali pada sebelum-sebelumnya.

“Jadi struktur kurikulum sebelumnya yang ada di SMK dengan apa yang dibutuhkan oleh industri, mayoritas sangat bertolak belakang. Artinya apa yang diberikan sekolah, sangat berbeda jauh dengan apa yang terjadi dilapangan,” tuturnya

Namun, dengan adanya program Implementasi Program One GM One SMK, saat ini kurikulum yang ada di SMK kini telah disingkronkan dengan apa yang dibutuhkan oleh industri.

“Jadi ketika mereka lulus, mereka tidak akan gagap lagi. Begitu masuk ke dunia industri khususnya perhotelan mereka sudah siap,” katanya.

Kemudian ia berharap kegiatan seperti ini, terus diimplementasikan oleh SMK yang lain juga. Sehingga SMK Negeri 1 Pontianak ini menjadi trigger khususnya di Kalbar.

“Dan insyaallah akan diikuti oleh SMK lainnya, dan teman-teman GM yang ada di Kalbar khususnya, sangat mendukung sekali program ini,” tuturnya. (*)

Leave a Reply