Standar Hotel Bintang 5 Ternyata Berbeda-beda

JAKARTA, IHGMA.com – Menginap di sebuah hotel tentunya harus menjamin hadirnya sebuah kepuasan dan kenyamanan. Sebab, hal itu merupakan sebuah prioritas penting bagi tamu atau siapapun yang melakukan perjalanan keluar kota atau luar negeri.

Namun, tahukah Anda ternyata standar hotel berbintang merupakan pilihan yang dicari bagi banyak tamu. Sebab, di sana Anda akan mendapatkan pelayanan, dan fasilitas yang menjamin kenyamanan bermalam.

Menurut Hariyadi Sukamdani, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), tidak ada peraturan yang baku dan berlaku secara internasional mengenai tentang rating hotel, terutama hotel bintang 5.

“Kalau menurut saya standar hotel Bintang 5 di suatu negara barangkali berbeda dengan negara lainnya. Namun demikian, biasanya jaringan internasional memiliki standar pelayanan hotel berbintang 5 yang dapat diterima, baik di Amerika, Eropa, maupun Asia,” ujar Hariyadi kepada CNBC Indonesia, pekan lalu.

Dia menuturkan standar hotel bintang 5 sebenarnya memiliki luas 30 meter persegi. Hanya saja hal itu tidak menjadi tolak ukur tergantung budaya, standarisasi dan kebijakannya.

Misal, di beberapa negara hotel bintang 5 tidak memiliki swimming pool, tapi mereka memiliki standar pelayanan dan fasilitas yang jauh lebih baik di atas hotel lainnya.

Lalu, ada pula yang memiliki dekorasi dan penataan interior berstandar internasional, lengkap dengan resepsionis 24 jam, berbagai variasi kamar dan suite, layanan kamar 24 jam, parkir valet dan housekeeping.

Leave a Reply