Surga Wisata Alam Yang Tersembunyi di Indonesia, Keren Banget!

Pantai Ora. Image via: @si_budakkampung

ihgma.com – Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke. Hingga saat ini, luasnya keindahan alam telah memanjakan mata setiap orang yang mengunjunginya. Ingin wisata gunung dan pantai, wisata budaya, wisata kuliner, halal dan wisata all-in-one lainnya.

Bicara tentang keindahan alam Indonesia tidak pernah berhenti. Selalu ada sesuatu yang menyenangkan wisatawan, terutama wisatawan asing. Situs web penyedia panduan perjalanan Rough Guides telah menerbitkan daftar 20 negara terindah di dunia, berdasarkan suara pengguna internet di seluruh dunia. Alhasil, Indonesia menempati urutan keenam mengalahkan negara lain yang juga terkenal dengan tempat wisatanya seperti Islandia, Amerika Serikat, Finlandia, Swiss, dan India seperti dilansir Kabartravel Minggu (22/20).

Sayangnya, jika Anda bertanya kepada orang asing tentang Indonesia, mereka hanya tahu Bali dan Lombok. Padahal Indonesia sangat luas. Banyak tempat wisata yang sudah dieksplorasi bahkan dijamah pengunjung, sehingga belum setenar Pulau Dewata.

Berikut beberapa tempat wisata yang jarang diketahui traveller:

Air Terjun Benang Stokel, Lombok

Sumber : Travel Kompas

Lombok adalah tujuan wisata global di Indonesia. Meski sempat berduka atas gempa 2018, Lombok telah pulih. Selain keindahan pantainya yang eksotis seperti Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air ternyata Lombok punya air terjun Benang Stokel.

Tempat wisata yang terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah ini berada di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Rinjani. Pentingnya Benang Stokel adalah seikat benang karena air terjun yang tumpah dari ketinggian sekitar 20-30 meter ini menyerupai simpul benang.

Airnya bersih dan segar, udaranya dingin, suasana tenang. Sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin refreshing, refresh pikiran. Jika ingin menikmati kesegaran air terjun Benang Stokel dikenakan biaya Rp 10.000 per orang, parkir motor Rp 2.000, dan parkir Rp 5.000 per unit.

Danau Kaco, Jambi

Sumber : Pegipegi.com

Terletak di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi, Danau Kaco memberikan pemandangan yang menakjubkan. Saat Anda menginjakkan kaki di danau ini, Anda akan terkesima melihat mahakarya Tuhan yang tersembunyi di Taman Nasional Kerinci Seblat. Airnya sangat biru dan jernih. Danau Kaco dikelilingi pepohonan rimbun yang membuat udaranya tetap segar dan asri.

Danau Kaco semakin indah jika dilihat pada malam hari. Apalagi saat bulan purnama memantulkan cahaya di danau. Nah, untuk menuju tempat wisata ini, Anda harus mendaki hutan selama 4 jam. Harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang.

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Sumber : Jejakpiknik.com

Destinasi wisata populer Selanjutnya adalah Banyuwangi. Terletak di ujung timur Pulau Jawa, Kabupaten Banyuwangi memiliki surga wisata alam yang sangat indah. Jarak dari Bali ke Banyuwangi tidak terlalu jauh dan perjalanan fast boat memakan waktu 2 jam. Meski populer, hanya sedikit yang tahu kalau Banyuwangi memiliki pantai indah bernama Pulau Merah atau yang dikenal dengan Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah masih bersih dan asri dengan latar belakang perbukitan yang hijau subur. Terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Anda bisa berselancar “ombak ramah” atau sekadar menyaksikan matahari terbenam. Untuk berwisata ke Pantai Pulau Merah harga tiketnya adalah Rp8.000 per orang.

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Sumber : Tempatwisataunik.com 

Jika anda sedang berlibur ke Gunung Bromo atau Gunung Semeru di Jawa Timur, pastikan mampir ke objek wisata air terjun Madakaripura. Air terjun ‘abadi’ tersebut dipercaya sebagai tempat bersemedi bersama Patih Gajah Mada Kerajaan Majapahit sebelum mengucapkan sumpah Palapa untuk mempersatukan Nusantara.

Terletak di Dusun Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur, Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 200 meter. Keindahan air terjun yang mempengaruhi kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sangat menakjubkan karena dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi.

Untuk menuju Air Terjun Madakaripura membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Namun rasa penat akan terbayar dengan pesona alam yang menakjubkan. Tenangkan hati dan pikiran Anda, rileks lagi. Tiket masuk ke Air Terjun Madakaripura adalah Rp 11.000 per orang (Senin hingga Jumat) dan Rp 13.000 (Sabtu dan Minggu). Biaya parkir untuk sepeda motor dan mobil masing-masing adalah Rp 3000 dan Rp 5000.

Pantai Ora, Maluku 

Surga tersembunyi lainnya yang wajib ada di list liburan kamu yaitu Pantai Ora di Maluku. Pantai-pantai di Indonesia bagian timur memang bagus banget. Kini di Pantai Ora Anda akan menikmati pemandangan air laut yang biru jernih dengan latar belakang pegunungan kapur. Sangat cocok untuk anda yang ingin snorkeling ataupun diving untuk melihat keindahan bawah laut.

Karena keindahannya, eksotisme Pulau Ora sejajar dengan Pulau Maladewa atau Maladewa dan Pulau Bora-Bora di Prancis. Untuk bisa berwisata ke Pulau Ora, Anda harus merogoh kocek jutaan rupiah. Bukan karena tiket masuknya mahal, tapi untuk menuju kesana harus menggunakan jalur udara, laut dan darat.

Leave a Reply