Taiwan Serius Promosikan Kuliner Halal Lokal

TAIWAN, IHGMA.com – Beberapa tahun terakhir, Taiwan mulai melirik potensi wisatawan muslim termasuk dari Indonesia. Beragam fasilitas ramah muslim pun dibangun, salah satunya dengan menyediakan kuliner halal di Taiwan, termasuk juga produk-produk makanan halal yang diekspor ke luar negeri.

Hal ini dianggap penting mengingat menurut Director Taiwan Trade Center Jakarta, Denny Liao makanan halal kini telah menjadi tren dan akan terus bertahan di tahun-tahun mendatang.

“Taiwan sangat mengedepankan sehatnya dan kualitas dari makanannya. Dengan kualitas seperti ini dan halal merupakan cara Taiwan memasarkan produk mereka dan masuk ke pasar Indonesia,” kata Denny dalam acara press conference Food Taipei 2019 di Ocha & Bella, Jakarta Pusat, Rabu 6 Maret 2019.

Dia melanjutkan, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Salah satunya adalah dengan dibukanya cabang MUI di Taiwan beberapa waktu lalu. Dibukanya MUI di Taiwan, diakui Denny sangat membantu para perusahaan Taiwan untuk mendapatkan sertifikasi halal pada produk makanan mereka, termasuk untuk kegiatan ekspor makanan seperti ke Indonesia.

“Semenjak dibukanya MUI di Taiwan,  jumlah perusahaan Taiwan yang ingin mendapatkan sertifikat halal bertambah dengan sangat signifikan. Kita sangat berterima kasih. Ini akan membantu mereka tanpa perlu harus ke Indonesia dulu,” kata dia.

Dia melanjutkan, beberapa produk makanan halal yang telah disertifikasi MUI Taiwan bukan hanya diekspor ke Indonesia saja, tetapi juga ke beberapa negara mayoritas berpenduduk beragama Islam seperti di Timur Tengah.

“Produk halal tidak hanya ke Indonesia, mereka juga memasarkannya ke Timur Tengah. Di pameran Food Taipei, visitor Timur Tengah semakin banyak untuk mencari produk halal,” jelas Denny.

Untuk diketahui, acara tahunan industri makanan Asia, Pameran Makanan Internasional Taipei (Food Taipei) akan digelar pada 19-22 Juni 2019. Bertempat di World Trade Center, kegiatan ini akan menampilkan pameran peralatan pengolahan makanan internasional dan pameran bioteknologi mesin farmasi, pameran industri kemasan internasional Taipei, pameran peralatan hotel dan katering internasional Taiwan juga pameran produk halal internasional Taiwan.

Dalam acara itu juga akan ditampilkan beberapa makanan inovasi Taiwan, ribuan produk dan bubble tea yang belum tersentuh oleh masyarakat Indonesia. Selain itu ada juga acara demo masak dan demo pemotongan ikan. (viva)

Leave a Reply