Tamu Hotel Tua Metropole: Charlie Chaplin hingga Trump & Kim

HANOI, IHGMA.com –Sofitel Legend Metropole Hanoi di Vietnam akan menjadi tuan rumah pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Rabu (27/2/2019) hingga Kamis esok.

Hotel bertingkat dari era kolonial Prancis itu telah berusia 118 tahun dan memiliki bunker di dekat kolam renang yang menjadi saksi masa Perang Vietnam.

Sederet selebritas hingga kepala negara, mulai dari raja-raja Eropa dan bangsawan Inggris hingga presiden AS dan Amerika Selatan, semuanya memilih Metropole sebagai tempat tinggal mereka saat mengunjungi Hanoi.

Komedian legendaris Charlie Chaplin memilih hotel itu untuk menghabiskan masa bulan madunya di 1936. Aktris Angelina Jolie dan suaminya Brad Pitt pada 2007 juga tinggal di sana.

Namun, mungkin bintang tamunya yang paling ikonik adalah aktris Amerika Jane Fonda, yang tinggal selama dua minggu pada tahun 1972 ketika mengunjungi wilayah yang saat itu menjadi musuh AS, dilansir dari Reuters.

Sebuah foto kontroversial yang memperlihatkan dia duduk dengan pasukan Vietnam Utara di atas senjata anti-pesawat terbang yang digunakan untuk menembak pesawat Amerika membuatnya mendapatkan julukan “Hanoi Jane”.

Metropole juga menjadi tuan rumah bagi Graham Greene, yang menulis sebagian dari karyanya di tahun 1955, “The Quiet American” di sana, dan juga dijadikan tempat tinggal bagi banyak koresponden perang selama Perang Vietnam.

Perang Vietnam berlangsung selama 20 tahun dan berakhir pada 1975.

Trump, yang tinggal di hotel Metropole pada kunjungan terakhirnya ke Vietnam pada 2017, untuk kali ini memilih hotel JW Marriott sebagai tempat menginapnya karena dirasa lebih aman. Sementara Kim menginap di hotel Melia Hanoi.

Pada aplikasi pencarian kamar hotel, Metropole mematok harga sekitar Rp 7,8 juta hingga Rp 20 juta per malam tergantung kelas kamarnya.

Lantas, apa yang membuat Metropole Hotel begitu populer di kalangan tokoh-tokoh dunia?

Selain berbagai fasilitas mewahnya, hotel itu juga terkenal memiliki staf yang kukuh menyimpan rahasia. Kemungkinan itu juga juga alasan Trump dan Kim memilih Metropole sebagai lokasi pertemuan mereka.

“Ketika superstar datang ke sini, beberapa jurnalis menawarkan US$2.000-US$5.000 atau lebih kepada para staf untuk mengambil foto superstar itu, tetapi itu tidak pernah terjadi,” kata Nguyen Dinh Thanh, mantan kepala pemasaran di Metropole, kepada Reuters.

“Itu menunjukkan Metropole memiliki tradisi menjaga rahasia serta mengetahui bagaimana memperlakukan tamu VIP,” tambahnya.

cnbcindonesia

Leave a Reply