Tarif Hotel Tahun Baru di Soloraya Melejit Capai Rp18 Juta Per Malam

SOLO, IHGMA.com – Tarif hotel berbintang di Soloraya melejit saat momen pergantian tahun, 31 Desember. Kenaikan harga kamar hotel berbintang ini seiring dengan tingginya permintaan lantaran momen libur sekolah Tahun Baru dan Tahun Baru 2019.

Kenaikan tarif ini terlihat khususnya saat tamu hendak melakukan pemesanan kamar via online travel agent (OTA) seperti lewat Agoda, Traveloka dan Tiket.com. Sejumlah hotel berbintang pun pasang harga jutaan rupiah khusus saat Tahun Baru ini. Bahkan, beberapa di antaranya menaikkan rate hingga lebih dari Rp15 juta per kamar per malam.

Dari pantauan Solopos.com, Minggu (30/12), via Travelola, Lorin Group, yakni Lorin Solo Hotel dan Syariah Hotel Solo, memasang tarif kamar di atas Rp18 juta untuk malam Tahun Baru. Sedangkan hotel lain seperti Swiss Belinn Saripetojo Solo harganya Rp2,4 juta/malam, Best Western Premier dijual Rp1,997 juta, Harris Hotel and Convention Solo Rp1,708 juta, dan Solo Paragon Hotel and Residences Rp1,396 juta.

Public Relation Manager Lorin Solo Hotel, Dhani Wulandari, mengatakan sebenarnya okupansi kamar hotelnya penuh hingga 1 Januari 2019 mendatang. Namun demikian, lantaran adanya kerja sama dengan OTA khususnya Traveloka membuat pihaknya tidak bisa menutup layanan booking kamar.

“Kami dengan Traveloka ada kerja sama yang membuat kami tidak bisa close pesanan via OTA ini. Jadi kami harus tetap buka dengan memasang harga tinggi. Padahal sebenarnya, kamar kami sudah penuh untuk Tahun Baru,” ujarnya, kepada Solopos.com, Minggu.

Dhani mengaku sudah menutup akses booking untuk OTA lain karena kamar full booked. Meskipun begitu, masih banyak rekan yang mengontaknya untuk memesan kamar di Lorin Solo Hotel tepat saat malam Tahun Baru.

Di sisi lain, menurutnya permintaan pesanan kamar hotel yang tinggi saat peak season seperti ini memicu adanya kenaikan harga. Dalam hal ini, pihaknya mengacu pada rate structure sebagai panduan, yakni kenaikan minimal 35% dan maksimal 50%. Sedangkan publish rate untuk moderate room Lorin Solo adalah Rp1,1 juta/malam.

Hal serupa diungkapkan Public Relation Manager Syariah Hotel Solo, Paramita Sari Indah, menjelaskan adanya kerja sama dengan vendor OTA membuat hotelnya tidak bisa menutup akun pemesanan kamar. Maka dari itu, akun tetap dibuka, tapi dengan memasang harga tinggi untuk menutup pick up booking via OTA tersebut. Hingga kini okupansi Syariah Hotel Solo sebesar 81% atau sudah 360 dipesan untuk akhir tahun ini. Namun demikian, persentase ini bisa berubah lantaran belum tutup tahun.

“Ini karena kondisinya kamar kami penuh yang booking via OTA. Pick up booking kamar hotel tidak hanya lewat OTA. Kami mesti menyisakan untuk tamu yang walk in atau lewat manajemen dan telepon,” katanya.

Menurutnya, saat peak season manajemen memasang harga publish. Sedangkan untuk kenaikan harga bisa dua kali lipat dari harga normal, melihat kondisi yang ada. Harga normal untuk masing-masing tipe kamarnya adalah standard Rp800.000, superior Rp1,2 juta, deluxe Rp1,5 juta, dan family suite Rp3 juta.

Sedangkan Best Western Premier Solobaru mengenakan surcharge kepada tamu saat peak season seperti ini. Marcom Manager Best Western Premier Solobaru, Denish Ardhanesawara, memaparkan kenaikan tarif kamar untuk pemesanan via OTA maksimal 20%. Akan tetapi, pihaknya hanya menjual kamar lebih tinggi dari tipe standard dengan jumlah yang terbatas.

“Publish rate kami untuk tipe standard Rp1,2 juta/malam. Sedangkan tamu kami selain via OTA, ada pula telepon langsung, walk in guest, maupun repeater. Untuk Tahun Baru, okupansi kami 98% dan optimistis bisa 100%,” katanya.

Sementara itu, Harris Hotel and Convention Solo menaikkan tarif kamar mengikuti demand market. Director of Sales and Marketing Harris Hotel and Convention Solo, Rani Febriana, mengatakan permintaan yang tinggi secara otomatis harga jual mengikuti. Di sisi lain, okupansi sementara Harris Hotel and Convention Solo untuk Tahun Baru sebesar 92%.

“Akan tetapi, di samping harga yang masih terjangkau, kami mengemas acara Tahun Baru dengan apik sehingga bisa menyuguhkan penampilan terbaik untuk para tamu. Kenaikan tarif hotel kami maksimal 30% dari normal rate,” jelasnya.

Leave a Reply