Tiket Pesawat Mahal, Hunian Hotel di Badung Turun 20 Persen

BADUNG, IHGMA.com – Sejumlah pelaku industri pariwisata seperti hotel di wilayah Badung mengeluhkan penurunan hunian hotel. Diharapkan pascalebaran ada kenaikan kunjungan wisata yang bisa berdampak pada tingkat hunian hotel.

“Saya berharap ada peningkatan yang signifikan, baik melalui udara dan darat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Made Badra, Kamis (30/5) siang.

Menurutnya di Bali, khususnya hotel bintang satu hingga dua di kawasan Kuta, Legian, Seminyak dan Canggu akan mendaptkan limpahan Wisdom. Pasalnya daerah tersebut menjadi destinasi favorit bagi wisdom.

“Nanti setelah lebaran baru kita ketahui,” kata dia.

Ricky Putra, Ketua Bali Hotel Association (BHA) tetap optimis Wisdom masih tetap ramai yang ke Bali. Menurutnya, pada Januari hingga April 2019 okupansi hotel dari anggotanya mengalami penurunnan 15 hingga 20 persen jika dibanding tahun lalu.

“Memang dari kenyataan yang ada. Kemarin waktu ada kenaikan harga tiket itu, menjadi penyebab utama sehingga Januari sampai April kemarin kita perkirakan Penurunan 15 sampai 20 persen. Sekarang ini kita antisipasi, walaupun sudah ada penurunan harga tiket. Tapi sepintas, karena kita belum dapat datanya karena tamu akan tiba beberapa hari kedepan,” kata dia.

Menurutnya untuk wiatawan mancanegara masih terbilang positif. Namun, untuk domestik masih akan ada pengaruhnya.

“Tetapi harapan kita dengan adanya penyesuaian harga dari garuda dan beberapa airline mudah-mudahan tren ini semakin berkurang. Artinya, kita berharap tren tahun lalu bisa kembali, tapi kita belum lihat jelas, karena ini berjalan terus,” kata dia.

Dari data BHA, tingkat keterisian kamar atau okupansi hote-hotel anggotanya mencapai sekitar 80 dan 85 persen untuk bulan Juni. Kalau dibandingkan dari tahun sebelumnya, itu kemungkinan ada penurunan sekitar 5 persen sampai saat ini.

“Jadi kita lihat memang belum pulih seperti sediakala. Dengan adanya anomali kenaikan harga tiket sebelumnya,” katanya.

BHA sendiri memiliki anggota sebanyak 160 hotel dan rata-rata bintang empat dan lima. Untuk jumlah kamarnya mencapai hampir 22 ribu di seluruh Bali. (Balicitizen)

Leave a Reply