Traveloka Hotel Awards 2018, Pemberian Penghargaan ke Mitra Hotel Sang Unicorn

IHGMA.com – Traveloka kembali mengadakan Traveloka Hotel Awards yang kedua kalinya untuk mengapresiasi mitra hotel mereka. Acara tersebut akan dilaksanakan pada Jumat (19/10/2018) mendatang. Perhelatan tersebut diberitahukan langsung oleh pihak Traveloka pada Senin (15/10/2018) kepada pers di The Hook Restaurant & Hotel, Jakarta.

Menurut Country Market Manager Traveloka John Safenson, perbedaan acara penghargaan tahun ini dengan tahun sebelumnya terletak pada sistem pemberian penghargaan. Tahun lalu, pihak Traveloka mendatangi kota tempat hotel-hotel peraih penghargaan. Kota-kota tersebut ialah Bali, Bandung, Jakarta, Makassar, Surabaya, dan Yogyakarta. Sementara, tahun ini pihak Traveloka mengundang para hotel pemenang ke Jakarta untuk diberikan penghargaan.

“Kalau untuk tahun ini, kami (Traveloka) mengundang seluruh hotel partner ke Jakarta untuk datang ke acara penghargaan ini. Yang kami berikan tidak hanya untuk hotel di Indonesia, tetapi juga Asia Tenggara,” jelas John.

Untuk sistem penilaian, John mengungkapkan, Traveloka Hotel Awards 2018 masih menggunakan ulasan konsumen sebagai landasan untuk memilih pemenang. Hal tersebut didasari dari tingginya dampak ulasan konsumen terhadap industri pariwisata, terutama di bidang perhotelan. Tingkat penetrasi internet dan teknologi yang cukup tinggi di Asia Tenggara juga membuat konsumen lebih mudah mengakses informasi tentang akomodasi melalui platform digital.

Senior Manager Product Traveloka Deo Wijaya mengatakan, “Kami melihat adanya pertumbuhan untuk mitra hotel kami yang memiliki ulasan positif dari konsumen, beberapa bahkan meningkat pertumbuhannya hingga dua atau tiga kali lipat dari tahun lalu.”

Dengan sistem penilaian yang didasari ulasan konsumen, pihak hotel dapat memperbaiki pelayanan dan fasilitasnya agar dapat menambah kepuasan konsumen. Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani, penilaian dari konsumen sangat mempengaruhi jumlah orang yang memilih sebuah hotel dalam suatu perjalanan.

“Industri perhotelan saat ini sangat bergantung pada teknologi dan ulasan pengguna karena melalui hal tersebut konsumen dapat memberikan apresiasi, kebutuhan, dan keinginan mereka secara langsung kepada pihak hotel. Pihak hotel pun dapat terhubung secara langsung dengan para konsumen untuk meningkatkan layanan dan kualitas hotel tersebut,” jelasnya.

Penilaian terhitung sejak 1 Januari sampai 31 Desember 2017. Hotel yang memiliki peluang memenangkan penghargaan ialah yang telah menjalin kerja sama selama lebih dari 2 tahun dengan Traveloka dalam periode penilaian. Pemenang penghargaan pun terbagi atas beberapa kategori.

“Kami membagi pemenang ke dalam empat kategori, yakni  Value, Premium, Prestige, dan Best International. Bukan hanya hotel dari Indonesia, melainkan hotel di seluruh Asia Tenggara,” kata John.

Ulasan yang dijadikan penilaian dilihat dari segi makanan, kebersihan, pelayanan, dan penilaian keseluruhan. Skor dari penilaian akan ditampilkan di aplikasi saat acara berlangsung. Traveloka Hotel Awards 2018 akan diselenggarakan pada Jumat (19/10/2018) di ICE BSD City. Penghargaan tersebut akan diberikan kepada 239 dari total 60.000 mitra hotel Traveloka di wilayah Asia Tenggara.

Leave a Reply