Tren Baru Saat Pandemi: Work From Hotel dan Apartemen

Ilustrasi staycation di hotel. (Dok. Shutterstock/ De Boyloso)

ihgma.com – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta membuka tren baru, salah satunya adalah  work from home ( WFH) atau bekerja di rumah. Namun, belakangan tren baru muncul lagi yakni  work from hotel (WFH).

Meski sama-sama menggunakan singkatan WFH, kerja dari hotel ada karena para pekerja kantoran mulai bosan dengan suasana rumah.

Melansir Kompas Kamis (22/10), melihat tren tersebut, hotel dan apartemen pun turut serta ikut meramaikannya. Berikut ulasan lengkap Kompas.com tentang Work From Hotel.

Apa itu work from hotel?

Marketing communication manager The Sultan Hotel & Residence Indira Puliraja mengungkapkan work from hotel adalah tren di mana hotel menyiapkan kamar, komplit dengan perlengkapan yang dibutuhkan seperti bekerja di rumah.

“Kalo di kami (The Sultan), kalau ambil paket kamar tersebut (paket Make Yourself at Home), mendapatkan akses Wi-Fi yang lebih cepat,” jelas Indira.

Salah satu kebutuhan saat bekerja dari rumah saat ini adalah kestabilan internet. Jika kualitas internet stabil, maka kerja pun akan menjadi lebih nyaman dalam menunjang kegiatan serba daring ini.

Work from hotel diakui diminati sejumlah kalangan, seperti eksekutif muda dan ekspatriat. Biasanya para tamu menginap 3-5 hari di hari kerja.

Ilustrasi Hotel dengan Protokol Kesehatan.(Dok. Puskompublik Kemenparekraf) 

Apartemen yang biasa dikenal dengan tempat tinggal penyewaan jangka panjang juga tidak mau kalah dengan hotel.

da juga promo semacam work from hotel, namun penawaran lebih lengkap dengan ruang tv, dapur, dan beberapa kamar tidur.

Digital marketing executive The Mayflower Jakarta Marriott Executive Apartment Galih Fatahilah mengungkapkan, work from apartment di tempatnya berkonsep service apartment.

“Kamar yang relatif lebih besar dari hotel pada umumnya. Di dalam unit kami, juga disediakan dapur, lengkap dengan semua peralatannya, seperti kompor, oven, kulkas, cutlery, peralatan masak, dispenser, dan lain-lain,” kata Galih.

“Setiap unit ada ruang keluarganya yang didesain kontemporer dengan tv dan sofa,” lanjutnya.

Kamar di The Sultan Hotel & Residence Jakarta(The Sultan Hotel & Residence Jakarta) 

Daftar hotel dan apartemen yang sediakan paket WFH

The Sultan Hotel & Residence

Hotel yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta ini salah satu yang menawarkan paket work from hotel.

Bisa juga karantina mandiri, dengan catatan kondisinya sehat, bukan bawa virus ke hotel,” tutur Indira.

Indira mengungkapkan, meski bisa WFH, ada beberapa fasilitas masih belum bisa digunakan di hotel, seperti gym, outlet, kolam renang, spa, dan tennis court. Hal ini selaras dengan aturan PSBB.

Selain fasilitas tersebut, pelayanan lain masih bisa dikases oleh tamu. Sebut saja pelayanan makanan yang berbentuk room service–makanan akan diantar ke kamar.

Kendati demikian, menu yang ditawarkan terbatas, hanya menu favorit seperti, sop buntut, nasi goreng kampung, soto ayam, hingga burger dan sandwich.

Acara pernikahan di tengah pandemi virus corona di The Sultan Hotel & Residence.(dok. The Sultan Hotel & Residence) 

Promo “Make Yourself at Home” ini berlangsung dari September hingga Oktober, dengan harga Rp 1.300.000 nett, pengunjung sudah bisa menikmati kamar deluxe room.

Paket ini termasuk sarapan, makan siang, dan dua kali makanan ringan.

Selain itu, paket ini termasuk potongan harga 15 persen untuk tiket ke Jakarta Aquarium dan 10 persen untuk makan di Pingoo restaurant.

Indira selalu menegaskan, setiap tamu diharapkan datang dalam keadaan sehat.

“Sampai saat ini, tidak ada kebijakan untuk membawa surat pernyataan atau dokter sertifikat yang menyatakan bahwa tamu dalam keadaan sehat, non reaktif. Baiknya, pengunjung atau tamu dalam keadaan fit,” kata Indira.

  • Hotel Monopoli
Kamar hotel dengan queen bed di Hotel Monopoli, Kemang, Jakarta Selatan.(dok. Hotel Monopoli Jakarta) 

Hotel Monopoli juga termasuk yang menawarkan work from hotel. Namun hotel ini memberikan sistem yang sedikit berbeda.

Roselind Stella Mahardika, Event and Promotion Manager Hotel Monopoli mengungkapkan, paket yang ditawarkan yakni untuk day use atau hanya pemakaian di jam kerja, bukan untuk menginap atau bermalam.

Durasi penggunaan kamar dari pk 08.00-18.00 WIB. Apabila lebih dari jam enam sore, maka akan dihitung menginap.

Ada empat tipe kamar yang ditawarkan, masing-masing memiliki kuota tamu berbeda.

Tipe kamarnya yakni deluxe, grand deluxe, junior suite, dan executive suite. Harga yang dibanderol pun berebda, yakni mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 800.000.

“Kalau orang kerja kan butuh kopi, butuh snack. Kita provide cold brew coffee dan juga snack box ke tamu,” ujar Roselind.

Pengunjung hotel juga bisa menikmati cafe dan bar yang ada di Hotel Monopoli. Selama masa PSBB, kafe dan bar dibuka dari pukul 10.00-21.00 WIB.

Suasana kolam renang yang berada di rooftop Monopoli Hotel, bertepatan dengan bar mereka yakni The Moon.(dok. Hotel Monopoli Jakarta) 

Work From Hotel Hotel Monopoli rencananya bisa dinikmati hingga akhir Oktober 2020, namun diperpanjang hingga akhir November 2020.

“Kita juga sediakan stationery; ada kertas, pulpen, dan juga pensil. Kita juga ada fasilitas free printing up to 10 pages,” kata Roselind.

Hotel Monopoli juga menawarkan promo “Reset Now”, pengunjung bisa menginap dengan fasilitas hotel yang lengkap, termasuk kolam renang di pagi hari.

Promo ini juga menawarkan late check out sampai dengan pukul 14.00 WIB.

Bagi yang ingin staycation di tengah PSBB Jakarta, promo “Reset Now” bisa dipilih untuk bermalam dengan harga mulai dari Rp 350.000 per malam.

Protokol kesehatan di Hotel Monopoli juga sudah ditingkatkan. Setiap ruangan dan sudut area hotel selalu didesinfektan, kamar tamu juga selalu disemprotkan desinfektan saat pergantian tamu.

Setiap pegawai juga rutin rapid test.

Suasana ruang keluarga two-bedroom executive dari The Mayflowers Marriott Executive Apartment, Jakarta(dok. The Mayflowers Marriott Executive Apartment Jakarta) 
  • The Mayflowers Marriott Executive Apartment, Jakarta

Diluncurkan dengan nama “Work Anywhere Stay Pass”, The Mayflowers menawarkan beragam fasilitas dan penawaran.

Galih menuturkan, paket tersebut, seperti menginap di tipe superior untuk dua hari satu malam.

Paket tersebut termasuk arapan untuk satu orang, kemudian early check in dimulai dari jam enam pagi, dan early check out sampai jam enam sore.

“Jadi kalau menginap di apartemen kami itu selama 36 jam, lebih dari 24 jam,” jelas Galih Fatahilah.

Apartemen yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman ini juga memberikan kupon makan untuk para tamunya senilai Rp 150.000 per hari yang bisa ditukarkan di The Cafe.

Dimulai dari Rp 1.350.000 per malam, pengunjung bisa menikmati gerak yang luas (80-193 meter persegi) dan juga internet.

Kamar utama dari two-bedroom executive apartment The Mayflowers(dok. The Mayflowers Marriott Executive Apartment, Jakarta) 

Ada juga paket promo bentuk lain yang ditawarkan bersama dengan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif indonesia, yakni “di Indonesia Aja”.

Paket ini berupa staycation dengan harga Rp 800.000 per malam. Lalu “Ultimate Family Staycation” untuk keluarga yang ingin menginap di apartemen ini.

The Mayflower Marriott Executive Apartment memiliki kolam renang dalam ruangan di lantai 28, yang besarnya mencapai setengah dari ukuran kolam olimpiade. Di samping kolam juga ada jacuzzi yang bisa pengunjung gunakan.

Promo “Work Anywhere Stay Pass” berlangsung dari Oktober-Desember 2020.

Protokol kesehatan juga diterapkan di apartemen ini, seperti jaga jarak, pengurangan kuota di segala ruangan, penggunaan masker, partisi untuk pembatas antara petugas dan tamu.

Kemudian pengecekan suhu tubuh, penyediaan masker, hand sanitizer dan tisu basah di pintu masuk dan setiap kamar tamu.

Selain itu, setiap dua jam sekali, ruang publik di The Mayflowers juga disemprot desinfektan.

Semua kamar juga sudah disemprotkan desinfektan, namun bagi tamu yang masih ragu, ingin dibersihkan lagi, maka bisa dibersihkan kembali.

Leave a Reply