Unik! Penjara Berusia 169 Tahun di Melbourne Diubah Fungsi Jadi Bioskop

Penjara HM Prison Pentridge, Melbourne Foto: Prison Pentridge

ihgma.com – HM Prison Pentridge, salah satu penjara bersejarah di Melbourne, Australia, direncanakan akan diubah fungsi menjadi bioskop pada Desember mendatang. Penjara kuno berusia 169 tahun ini pertama kali didirikan pada 1851 di Coburg, menggantikan penjara Melbourne sebagai penjara penahanan di wilayah metropolitan.

Dilansir Kumparan Senin (19/10) dari Lonely Planet, penjara ini akhirnya resmi ditutup pada 1997, dan sejumlah bangunan warisannya dilindungi dalam Daftar Warisan Victoria dan diintegrasikan ke dalam kawasan komunitas baru. Bangunan Pentridge mencakup arsitektur kontemporer dan ruang publik yang menarik. Salah satunya piazza seluas 6.500 meter persegi.

Bangunan ini merupakan salah satu warisan ikonik yang menampilkan cerita dari sebuah penjara ratusan tahun di Melbourne. Nantinya, setelah berubah fungsi menjadi gedung bioskop, Pentridge akan memiliki 15 studio.

Bioskop ini diklaim mampu menampung hingga 1.100 penonton di seluruh area auditorium. Proyek pembangunan bioskop di penjara kuno ini berada di bawah naungan Palace Cinemas.

Bioskop Pentridge akan menyediakan fasilitas premium, mulai dari kursi yang dapat direbahkan hingga suara surround Dolby Atmos. Ketika teater film sudah mulai beroperasi, bioskop dalam penjara ini akan dibuka dengan daftar film-film terbaru, seperti including Death On The Nile, Coming 2 America, Free Guy & Wonder Woman 1984 along with family-friendly favorites such as Peter Rabbit 2, Connected and Soul.

Ketika bioskop dibuka pada Desember mendatang, akan ada prosedur keamanan untuk menjaga para penonton dari penyebaran COVID-19. Prosedur tersebut meliputi alokasi tempat duduk seperti papan catur, sehingga memungkinkan keluarga atau teman dapat duduk bersama.

Bioskop Pentridge juga akan menyediakan pembersih tangan disetiap pintu masuk, serta menawarkan pembayaran non-tunai untuk menghindari sentuhan. Jadwal film yang ada di bioskop ini juga akan diatur beberapa sesi untuk menghindari kerumunan saat penonton menunggu di dalam lobi bioskop.

Leave a Reply