Wisata Instagramable dari Dana Desa

IHGMA.com – Ingin berwisata tapi memiliki dana dan waktu yang terbatas? Jangan khawatir, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan ada 1.734 desa yang berpotensi menjadi desa wisata. Potensi pada 2018 tersebut, bertambah banyak dibandingkan potensi pada 2014 yang hanya 1.302 potensi desa wisata

Potensi yang disampaikan BPS tersebut, sudah digali serta dikembangkan sejumlah pemerintah daerah untuk lebih memajukan daerahnya. Ya, dari sisi pengembangan ekonomi daerah dari sisi potensi destinasi wisata.

“Pemerintah daerah diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di desanya dengan mengoptimalkan potensi yang bisa menjadi kunjungan wisata di daerahnya,” kata Presiden Joko Widodo dalam keterangannya, Sabtu (9/3/2018).

Nah terkait itu, pemerintah daerah juga bisa memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan potensi wisata. Salah satu daerah yang berhasil memanfaatkan sebagian dana desa untuk pengembangan objek wisata adalah Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah.

Dengan mengembangkan potensi wisata air Umbul Ponggok, Desa Ponggok berhasil mengantongi Rp 14 miliar per tahun. Cukup dengan membayar tiket masuk Rp 15.000 per orang, wisatawan sudah bisa berwisata air yang instagramable. (detik)

Leave a Reply