Wisma Atlet-Hotel disiapkan untuk Tenaga Medis

Jakarta, Ihgma.com – Persatuan Perawat Nasional Indonesia mendorong agar disediakan rumah singgah bagi para petugas medis di rumah sakit. Pemerintah memastikan sudah ada beberapa fasilitas untuk menampung para petugas medis.

“Jadi sebenernya pemerintah sudah menyiapkan di Wisma Atlet ya, ada satu tower khusus tenaga medis,” kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KPS) Donny Gahral Adian saat dihubungi, Selasa (24/3/2020).

Donny mengatakan pemerintah juga menyiapkan sejumlah hotel yang sudah diubah untuk jadi tempat penginapan para petugas medis. Menurutnya pemerintah sudah memikirkan hal tersebut.

“Di luar itu juga ada media hotel yang sekarang sudah dikonversi menjadi tempat penginapan tenaga medis, yang tentu saja dilengkapi disinfektan chamber dsb. Saya kira pemerintah juga memikirkan itu,” ucapnya.

Dia memastikan pemerintah selalu memperhatikan para petugas medis yang menangani virus Corona.

“Sebenernya fasilitas tenaga medis itu sudah disiapkan pemerintah dan pemerintah serius dalam melindungi tenaga medis melindungi yang terbaik untuk tenaga medis,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Persatuan Perawat Nasional Indonesia mendorong pihak manajemen rumah-rumah sakit rujukan pasien Corona (COVID-19) untuk menyediakan rumah singgah bagi tenaga medisnya. Hal ini disampaikan menyikapi adanya tenaga medis yang mendapat stigma di lingkungan tempat tinggalnya.

“Kami mendorong ini saja, perawat-perawat itu kan berada pada pekerjaan, bekerja dan tanggung jawab institusi masing-masing ya. Ini kan dalam rangka pelaksanaan tugasnya melayani masyarakat. Saya kira kita mendorong agar, yang kami harapkan, mulai diantisipasi dengan adanya rumah-rumah singgah yang harus disediakan bilamana eskalasi kasus ini meningkat,” kata Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia Harif Fadhilah kepada detikcom saat disinggung mengenai para perawat pasien Corona mendapat stigma pembawa virus, Selasa (24/3/2020).

Harif mengatakan, dalam situasi seperti ini, tenaga medis jarang kembali ke tempat tinggal. Namun saat ini tak ada juga fasilitas seperti mes dari pihak rumah sakit.(detik)

Leave a Reply